2 Calon Memperebutkan Kursi Ketum Kadin Nasional, Thomas Jusman: Kami lebih Mengenal Anindya Bakrie

Lokal

Sungailiat, FKB — Kabar akan diperebutkannya kursi ketua umum (Ketum) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bukan lagi rahasia umum. Yang mana Kadin Indonesia adalah wadah organisasi para pebisnis yang menjadi mitra pemerintah yang memiliki kedudukan sangat strategis.

Tersiarnya kabar tersebut, awak media pun menjumpai tokoh pengusaha asli Bangka Belitung yang juga diketahui menjabat sebagi Ketua Umum Kadin Daerah Bangka Belitung ( Babel).

Thomas Jusman pada kesempatan wewancara di kediaman pribadi, Jelitik Sungailiat, Selasa ( 20 /4) pagi membenarkan informasi tersebut.

Dijelaskannya bahwa mekanisme sah organisasi belum melakukan pertemuan atau pembahasan resmi mengenai pemilihan orang nomor 1 yang akan memimpin Kadin Indonesia selanjutnya.

” Saat ini Ketum kami masih pak Rosan P, memang jabatan beliau akan berakhir dan akan ditunjuk sebagai Duta Besar. Tapi kita belum ada pertemuan resmi kapan dan dimana akan dilakukan Munas” Kata Tomas

Adanya 2 orang calon yang di perbincangkan di kalangan internal pengurus Kadin Se – Indonesia, bahkan menyatakan diri untuk maju menduduki kursi panas Ketua Kadin Nasional, ikhwal rencana akan menjabatnya Ketua umum Kadin Nasional, Rosan P sebagai Duta Besar.

” Memang benar, sudah ada beberapa yang menyatakan ingin maju atau pendekatan ke Daerah, menyatakan akan maju sebagai ketua Umum Kadin Indonesia. Ada dua itu tokoh kita, pertama adalah pak Anindya Bakrie dan yang kedua adalah pak Arsjad Rarjid ” Ungkap Thomas

” Saya kira kedua kandidat ini adalah kandidat terbaik yang Kadin Indonesia Punya, Tentunya kami akan memilih yang terbaik dari yang baik ya” tambahnya.

Di pertanyaan mengenai keberpihakan dukungan terhadap ke – 2 nama calon tersebut, Thomas menjawab bahwa dirinya selaku Ketua Umum Kadin Babel akan membulatkan suara dan soliditas Internal Kadin Babel.

“Kalau kami ya memilih yang terbaik menurut pandangan Kadin Bangka Belitung. Sesuai dengan kepentingan ekonomi daerah, spesial bagi kami saudara Anindya Bakeri kami akui memang lebih mengenal beliau,” ujarnya.

Thomas menyatakan bahwa salah satu yang mendekati Kursi Kadin Indonesia, yakni Anindya Bakrie lebih dikenal oleh Kadin Babel karena telah belasan tahun berkiprah di Organisasi Kadin Indonesia. Selain itu, menurutnya Anindya Bakerie lebih sering turun ke Daerah.

” Pak Anindya Bakerie itu kami kenal karena track record dari segi pengalaman berorganisasi dan sudah 15 tahun berkiprah di organisasi Kadin Indonesia” kata Thomas

” Sudah banyak dia mencurahkan pemikiran, tenaga dan materi selama kiprahnya di Organisasi Kadin. 10 tahun dia berkiprah di BKO bidang organisasi dan lebih sering turun ke daerah. Saya kira itu kelebihan dan keunggulan beliau” Terangnya.

Lebih lanjut, Thomas menyampaikan bahwa kedua calon yang hangat dibicarakan adalah dua tokoh kandidat terbaik di Internal kadin Indonesia.

Namun, lagi- lagi Thomas menonjolkan narasi ” Keunggulan” dari anak Abu Rizal Bakerie yakni Anindya Bakerie. Dinyatakannya bahwa Anin lebih merangkul dan dapat menyatukan semua perbedaan kalangan di Kadin Indonesia.

“Saya kira setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing – masing. Namun secara emosional memang kami lebih mengenal pak Anindya Bakrie. Selain itu juga sekenal kami beliau itu lebih mau mendengar dan merangkul semua kalangan baik yang lebih muda atau yang senior di organisasi Kadin. Mungkin karena faktor pengalaman umur beliau juga” puji Thomas.

Namun itu, Ketua Kadin Babel juga turut mengapresiasi figure Arsjad Rasjid sebagi seorang CEO sukses.

‘ Sebagai pengusaha sukses saya kira pak Anin memiliki network yang luas, namun Pak Arsjad Rasjid juga kita tahu sebagi salah satu CEO yang mumpuni ya di bidangnya dan sangat sukses memimpin usahanya” ungkap Thomas

Dipertegas, bahwa Kadin Babel dalam menyikapi rencana pemilihan Ketua Kadin Indonesia, akan memberikan suara kepada figure terbaik dari setiap calon yang akan maju mendatang. Ditambahkan bahwa Kadin Indonesia memerlukan pemimpin yang mampu membawa suksesi berkelanjutan

” Sekali lagi saya kira kami akan memilih yang terbaik dari yang baik, karena Kadin Indonesia saya kira adah organisasi besar Kadin memerlukan suksesi yang berkelanjutan. Dengan kiprah yang sangat berpengalaman saya kira pak Anindya Bakrie lebih kami kenal di kadin Bangka Belitung” tegas Thmas.

Bicara kontribusi bagi daerah Babel, ternyata tomas mengungkapkan bahwa tokoh Anindia Bakery cukup rutin mendukung promosi wisata Babel. Terbukti bahwa Anin adalah salah satu pendukung di balik suksesnya event internasional Sungailiat Triathlon yang menjadi salah satu ikon even Pariwisata Babel. Bahkan Anin beberapa kali terdaftar sebagai peserta perlombaan internasional 3 Cabang olahraga di kota Sungailiat, Bangka Belitung.

” Saya sampaikan bahwa pak Anindya Bakerie di Babel punya historis. Beberapa kali event Sungailiat Triathlon Beliau selalu mendorong suksesnya event internasional di Babel bahkan mendaftar sebagai peserta. Dia tertarik dengan potensi pariwisata Babel dan terus mempromosikan wisata kita” jelas Thomas.

Untuk memperjelas arah suara dukungan Kadin Babel. Pewarta menanyakan kembali kepada siapa mekanisme 3 suara yang menjadi hak Kadin Babel dalam Munas Kadin Indonesia mendatang, Namun Itu, Tomas masih merahasiakan lebih detil mekanisme tersebut sebagai urusan internal Kadin.

” Agak jauh ya saya jawab tapi kalau memang diperlukan saya katakan bahwa menang kalah itu adalah hal yang biasa dalam organisasi. Semuanya punya peluang, tinggal masanya saja” ungkap Thomas.

Tomas menerangkan bahwa Kadin Babel sangat berpengalaman dan bermartabat dalam hal memberikan hak suara pemilihan orang nomor satu yang akan menjaga martabat Kadin Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah.

Disampaikan – nya bahwa Kadin Babel memiliki sikap yang bulat dalam setiap kontestasi pemilihan. untuk mewujudkan itu, Thomas akan mengedepankan Kepentingan organisasi untuk didahulukan.

” ini kan kita punya wadah Organisasi Kadin Indonesia harus mandiri dan bermartabat, menjadi mitra strategis pemerintah dan memberikan masukan yang netral dan profesional . Jadi menanggapi pertanyaan kamu saya kira ini masih internal kadin ranah – nya” ungkap Thomas.

” Saya tidak perlu menjawab detail, cuma mengenai suara Kadin Babel menurut temen – temen kita sangat dihargai oleh Kadin – Kadin yang lain. Dalam artian kadin Babel itu dalam menentukan sikapnya sudah sangat berpengalaman berkali – kali selalu bulat dan jelas arahnya mau kemana. Mau siapapun voter – nya, yang jelas itu untuk kebaikan bersama” jawabnya berdiplomasi.

” Yang kita jaga adalah marwah dan harga diri Kadin Bangka Belitung. Saya tegaskan tidak akan mudah terpengaruh dengan iming – iming sesuatu sehingga langsung berubah sikap. kami mengedepankan kepentingan organisasi itu adalah yang nomor satu dulu” tutup Ketua Kadin Babel.

Penulis : Ir