Pemkab Bangka Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Provinsi Babel 2021

oleh

Pangkalpinang, FKB – Musrenbang Provinsi Tahun 2022 diselenggarakan secara virtual pada hari Rabu, 7 April 2021 di Pangkalpinang.

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Johan membuka secara resmi Musrenbang yang dihadiri oleh seluruh stakeholder pembangunan di Bangka Belitung.

Dalam forum musrenbang tersebut, Gubernur memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah untuk Pemerintah Kabupaten/Kota. Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang memiliki kualitas perencanaan yang disertai dengan hasil dan inovasi pembangunan terbaik. Peraih Penghargaan Pembangunan Daerah terbaik tahun 2021 adalah Pemkab Bangka, diikuti Bangka Barat dan Belitung.

Bagi Pemkab Bangka, keberhasilan tahun ini, merupakan pengulangan penghargaan serupa yang pernah didapatkan tahun 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020.

BACA JUGA :  Tinjau Kondisi Muara Jelitik, PJ Gubernur Safrizal Perintahkan Pemkab Bangka segera Lakukan Pengerukan

Bupati Bangka, Mulkan, SH.MH menjelaskan bahwa kami menjadi yang terbaik karena kualitas perencanaan kami yang mumpuni sehingga mampu mengakselerasi seluruh pencapaian target makro dan inovasi pembangunan. Pada tahun 2020, tahun dimana terjadi kontraksi perekonomian yang luar biasa diseluruh Indonesia dan dunia akibat pandemic Covid 2019, perekonomian dan pembangunan kami justru relatif tetap mengalami perbaikan yang ditunjukkan dari pelampauan seluruh target pembangunan utama tahun 2020.

Pertumbuhan Ekonomi hanya sedikit mengalami kontraksi, sementara indicator pembangunan lain seperti Tingkat Kemiskinan, Gini Rasio, Indeks Pembangunan Manusia hingga Indeks Pelayanan Publik, semuanya mengalami perbaikan, melebihi capaian provinsi dan kabupaten/kota lainnya di Babel, bahkan juga mengungguli capaian pembangunan nasional.

BACA JUGA :  Pemkab Basel akan Hadirkan Tiga Artis dari Ibukota dalam Peringatan HUT Bangka Selatan ke 21

Salah satu faktor keberhasilan kami adalah konsep pentahelix yang kami jalankan. Kedepan kami terus bertekad untuk memperkuat sinergi pentahelix dalam pembangunan dan sekaligus bertekad untuk menjadikan Kabupaten Bangka menjadi lebih baik dan setara dengan daerah-daerah maju lainnya di Indonesia..

Kepala Bappeda, Pan Budi Marwoto menyatakan bahwa saat ini, per April 2021 ini, perencanaan, pembangunan dan inovasi daerah kami juga sudah berhasil menembus Top 10 terbaik di Indonesia, menunggu hasil pengumuman Top 3 yang akan diumumkan dan diberikan penghargaan oleh Presiden RI pada Musrenbangnas yang direncanakan pada 30 April 2021.

Sementara sejak Tahun 2016 hingga Tahun 2021, Pemkab Bangka selalu konsisten meraih Top 10 penghragaan Pembangunan Daerah Terbaik Indonesia.

BACA JUGA :  Event Basel Bekecak 2024, 150 Lapak Pelaku UMKM Pasarkan Produknya

“Tahun 2020 bahkan menempati peringkat 3 terbaik Indonesia. Mudah-mudahan di tahun 2021 ini, kita berhasil menembus ke peringkat yang lebih baik. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kualitas perencanaan kami yang realtif lebih baik sehingga berhasil menstimulasi perekonomian dan pembangunan juga dengan baik. Kami mengakselerasi pembangunan dengan mengedapankan program-program unggulan yang mendukung pertumbuhan ekonomi, mengatasi pengangguran, mengatasi ketimpangan pendapatan, mengatasi kemiskinan, meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan pelayanan public dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan yang semuanya disertai dengan inovasi yang berkualitas,” pungkasnya. (rel)