Pengerjaan Proyek Rp.4,5 Milyar Pipa Mangkol Terkesan Janggal

oleh

Bateng, FKB – Pelaksanaan pekerjaan proyek rehabiltasi jaringan pipa transmisi Bukit Mangkol tahun 2021 senilai Rp 4,3 Miliar milik Satker Pelaksana Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA) Provinsi Kepulauan Bangka Bangka Belitung terkesan janggal dan asal-asalan.

Hal ini diketahui setelah sejumlah wartawan melakukan pengamatan dan pengecekan di lapangan, Selasa (30/3/2021). Dari hasil pantauan ditemukan adanya beberapa kejanggalan dalam pelaksanaan proyek pipa Mangkol seperti sambungan pipa yang kurang rapi, bend yang berwarna hitam disinyalir bukan berbahan galvanis dan juga kedalaman pipa skunder atau tersier diduga tidak sesuai ketentuan dari kementerian PUPR yakni hanya berkisar kurang lebih 40 hingga 50 cm.

“ Kalau dilihat dari photo yang mas perlihatkan itu, sambungan pipa atau biasa disebut dengan namanya jembatan pipa harusnya dipasang rapi agar tidak bocor dan menurut pendapat saya itu kurang rapi ada potensi bocor nanti,” kata sumber yang minta identitasnya agar dirahasiakan, Selasa (30/3/2021).

BACA JUGA :  Nyanyikan Lagu Bento , PJ Gubernur Safrizal Giring Ribuan Penonton Melompat dan Bersenandung di Acara Puncak Basel Bekecak

Diungkapkan sumber, bend yang sudah terpasang yang menyerupai warna hitam itu kemungkinan bukan berbahan galvanis.

“Itu kalau dilihat juga bendnya berwarna hitam ya, sepertinya berbahan bukan galvanis dan kalau kedalaman pipa yang terpasang itu berkisar antara 40 hingga 50 cm tentunya rentan terkena PC karena idealnya itu kedalamannya 70 cm ke atas,’’ terang sumber yang juga menyarankan agar mengecek ketebalan pipa galvabis dengan menggunakan sigmat.

Selain sejumlah hasil item pekerjaan tersebut, pekerjaan pemadatan tanah urug juga terkesan asal-asalan diduga tanpa menggunakan stamper.

Sementara itu, Suyatna selaku Kasatker PJPA Babel mengaku tidak tahu soal proyek pipa Mangkol. Dia menyarankan agar wartawan media ini menemui PPK atau menemui dirinya langsung pada hari Senin mendatang.

BACA JUGA :  Di Hari Pertama Kerja, Pj Gubernur Safrizal Ingatkan Hindari Saling Menjatuhkan

“Kekantor saja temui PPK nya atau Senin temui saya saja. Masalahnya saya tidak tahu,” ucap Yatna saat dihubungi melalui pesan WhastApp, Selasa (30/3/2021).

Untuk diketahui, proyek rehabilitasi jaringan pipa transmisi Mangkol milik Satker PJPA Babel ini, terletak di Bukti Mangkol Kabupaten Bangka Tengah dengan Pagu dana senilai Rp 5.450.000.000.00 . Pada tahap lelang di ikuti sebanyak delapan perusahaan dan dimenangkan oleh perusahaan peringkat lima PT Media Karyacitra Persada dengan harga penawaran Rp 4.384.481.112,14. (Red)