Kebun Hidroponik Setara, Kebun Percontohan Sayuran Sehat

oleh

Sungailiat, FKB — Keberadaan Kebun Hidroponik Setara Sungailiat, satu bentuk percontohan bagi masyarakat, untuk bercocok tanam sayuran dengan cara hidroponik. Yaitu, sayuran sehat tanpa pestisida kimia.

Hal itu disebutkan Bupati Bangka, Mulkan.SH.MH, dalam giat panen berbagai sayuran di Kebun Hidroponik Setara di Jalan A. Yani Sungailiat Senin(8/3/2021).

Menurut Mulkan, keberadaan Kebun Hidroponik Setara Sungailiat, untuk mengajak masyarakat Kabupaten Bangka agar mengkonsumsi sayuran sehat tanpa pestisida kimia. Kemudian  juga sebagai contoh, kepada masyarakat bagaimana bercocok tanam, secara hidroponik di pekarangan rumah masing-masing,
“Hari ini, kita panen sayur yang kedua kalinya, sejak diresmikan kebun sayur hidroponik setara pada tanggal 13 September 2019 lalu. Kita berharap agar masyarakat  mengkonsumsi sayuran yang sehat tanpa pestisida kimia,” tuturnya.

BACA JUGA :  Tanggapi Isu Penggunaan Handphone di dalam Lapas, Kadiv Pas : Jika Terbukti akan Ada Sanksi secara Proporsional

Dijelaskan oleh orang nomor satu di Bangka ini, bahwa nantinya juga akan dibuat kios tempat penjualan sayuran dari hasil penan di kebun hidroponik ini. Sehingga dengan adanya kios, maka masyarakat yang ingin membeli, bisa mampir sambil melihat dan belajar bagaimana cara bercocok tanam sayuran secara hidroponik,
“Pemkab Bangka melalui Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, terus berupaya membuka perkebunan percontohan. Tentunya dengan program jangka pendek, misalkan selain kebun hidroponik Setara, juga akan membuka perkebunan bawang dan cabe jawa,” ujar Mulkan.

Sementara  Penggelola Kebun Hidroponik Setara, Dodi mengatakan, bahwa  keberadaan kebun hidroponik Setara awalnya ide dari bupati Bangka. Maka diberi nama  kebon hidroponik Setara.
“Tujuan agar ada kebun percontohan, sehingga nantinya masyarakat bisa belajar bagaiman cara bertanam sayuran dengan cara hidroponik khususnya di Kecamatan Sungailiat khususnya di kabupaten Bangka,” jelasnya.

BACA JUGA :  Dua Kali Mangkir, Frangky Bos Belitung Akhirnya Ditangkap Jaksa

Ditambahkan Dodi, hidroponik itu, tehnik menanam sayuran, yang menerapkan unsur hara esensia, karena setiap tanaman di hidroponik membutuhkan kebutuhan masing-masing. Kalau bedanya dengan tanaman konvensional, sangat jauh, “Kami pastikan tanaman yang kita budidaya dengan sistem hidroponik, tanpa pestisida kimia. Sehingga sayuran yang dihasilkan sehat untuk dikonsumsi.”tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Bangka Andi Hudirman, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Elius Gani SP, Pengelolah Kebun Hidroponik Setara, Dodi serta para kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka. (heru sudrajat)