Rafika Duri, Namanya Dijadikan Brand Pemkab Bangka, Galeri Kampoeng Rafika Duri

Lokal
Foto: Bupati Bangka Mulkan didampingi Yusmiati dan Walikota Pangkalpinang, menggunting pita peresmian Galeri Kampoeng Rafika Duri. 

Sungailiat, FKB — Penyanyi asal Bangka, Rafika Duri yang  ngetop ditahun 1970 an, lewat lagu Tertusuk Duri. Namanya dijadikan brand oleh pemkab Bangka, galeri Kampoeng Rafika Duri. Dan Rabu, (03/03/2021), Bupati Bangka Mulkan.SH.MH meresmikan Galeri Kampoeng Rafika Duri.

Lewat video conference, dari Jakarta, Rafika Duri, menyapa warga masyarakat Bangka dan mengapresiasi Pemkab Bangka dengan keberadaan galeri produk Kampoeng Rafika Duri, sebagai sarana promosi serta  pemasaran UMKM khas Bangka,
“Saya terharu, terima kasih kepada Pemkab Bangka atas penggunaan nama saya.  Semoga keberadaan galeri akan mendukung kemajuan UMKM, sehingga kesejahteraan masyarakat di daerah ini semakin baik.” tutur Rafika Duri.

Sementara Bupati Bangka, Mulkan, dalam sambutannya menyebutkan, bahwa  keberadaan galeri produk Kampoeng Rafika Duri, program dari pemerintah Kabupaten Bangka. Untuk menyiapkan sarana promosi serta pemasaran produk UMKM, “Agar galeri ini dikenal masyarakat luas, tidak saja di Bangka, namun ke tingkat nasional, kita mengapresiasi nama artis terkenal Rafika Duri asal Bangka untuk dijadikan brand galeri ini,”ujarnya.

Sedang Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Asep Setiawan mengatakan, keberadaan Galeri Kampoeng Rafika Duri merupakan tempat promosi dan pemasaran hasil produk UKMK khas Bangka. Seperti produk olahan kuliner, serta kerajinan berupa batik cual Bangka, rajutan dan lainya, “Galeri ini akan kita ramaikan dengan  mengelar acara bernostalgia  dihibur musik dan para penyanyi serta pertunjukan seni tari daerah sehingga galeri akan semakin meriah.” jelasnya.

Ditempat yang sama, Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin menyebutkan, bahwa  dengan kondisi pandemi Covid-19, kondisi UMKM sekarang mengalami penurunan cukup signifikan. Dan keberadaan galeri produk Kampoeng Rafika Duri, sebuah terobosan terbaik dari Pemkab Bangka. Untuk itu  terus kita dukung, memacu UMKM. Salah satunya dengan memberikan kredit usaha mikro nol persen bersama Pemkab Bangka,
“Kami terus mendukung UMKM, dengan memberikan kredit usaha mikro nol persen sehingga  pengusaha kecil bisa kembali bangkit dan berkembang.”tandas  Achmad Syamsudin.

Disisi lain kegiatan peresmian juga diisi dengan penandatanganan MoU Subdisi bunga, antara Pemkab Bangka dan Bank Sumsel Babel.
Hadir dalam kegiatan, Wali Kota Pangkal Pinang, Mualana Aklil, Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin, Forkopimda Bangka, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Yusmiati Mulkan, dan  Tomi Ali penyanyi ibu kota. (heru sudrajat).