Menteri Sandi Kunjungi Pulau Belitung

oleh

BELITUNG – Elok dan eksotisnya Pulau Belitung tak pernah membuat seorang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno bosan. Tentu ini pertanda sang menteri jatuh hati dengan Bangka Belitung.

Itu tampak saat pria yang dijuluki netizen sebagai ‘Papa Online’ ini menginjakkan kakinya lagi ke Pulau Belitung, Jumat pagi (5/2/21) yang langsung disambut Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan istri, Melati Erzaldi, serta alunan musik dari kelompok Stambul Fajar Pengekar Campo dari Selat Nasik Belitung.

Di saat yang bersamaan, menteri yang juga pengusaha itu mencoba scan barcode untuk mendapat informasi lanjutan dari foto-foto keindahan alam Pulau Belitung yang dipamerkan di ruang kedatangan bandara.

BACA JUGA :  Dua Kali Mangkir, Frangky Bos Belitung Akhirnya Ditangkap Jaksa

Kunjungan Menteri Sandi ke Pulau Belitung direncanakan hingga dua hari mendatang, yakni dari tanggal 5 – 7 Februari 2021. Sedangkan titik-titik yang dijadwalkan akan dikunjungi diantaranya, Desa Batu Itam, Masjid Agoeng Mohammad Saleh, Hutan Kemasyarakatan (HKm), Desa Seberang Bersatu (Juru Seberang), Desa Wisata Kreatif Terong, Peninjauan Bukit Peramun, dan KEK Tanjung Kelayang.

Kunjungan di awali dengan tujuan pusat kota, tepatnya di titik Nol Kilometer untuk mengunjungi KV Senang yakni, area sekitar Bundaran Batu Satam tempat kedai-kedai kopi dan warung makan khas Belitung. Mencicipi hidangan pagi seperti Nasi Gemok, yakni nasi putih yang dibungkus daun simpor, dengan lauk ikan bebulus goreng yang diberi kuah santan.

BACA JUGA :  Jaringan Pipa Distribusi dan Tersier Kecamatan Gerunggang Diresmikan

Selain itu, menteri yang sempat dijuluki oleh emak-emak sebagai ‘cawapres ganteng’ ini, ingin mengajak tokoh adat dan para pengusaha Belitung yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan organisasi Kamar Dagang, berdialog, terutama tentang Ekonomi Kreatif saat ini.

Dalam rangkaian acara, tampak hadir Bupati Belitung, Sahani Saleh, dan Wakilnya, Isyak Meirobie beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Belitung.

“Kami menyesuaikan pada rundown kunjungan Menteri Sandi selama di Belitung. Pada setiap titik kunjungan sudah disiapkan panitia khusus serta tim keamanan,” ungkap Bupati Sahani Saleh.

Diakuinya, ini bukan kali pertama Sandiaga Uno berkunjung ke Pulau Belitung. Sebelumnya, Ketua Umum HIPMI periode 2005 – 2008 ini kerap datang selain untuk berwisata pribadi, juga sebagai penasehat HIPMI Pusat. Sedangkan lawatan kali ini, merupakan yang pertama sebagai Menteri Pariwisata.

BACA JUGA :  Buka MUSRENBANG RPJPD, Wabup Debby : Kita Harus Miliki Visi yang Jelas dan Visioner tentang Masa Depan Daerah

Bupati Sanem, panggilan akrab Bupati Belitung, berharap kedatangan orang nomor satu di bidang pariwisata ini, dapat memberi solusi atas ketidakstabilan ekonomi pariwisata Belitung setelah pandemi Covid-19.

Reporter : Nona
Fotografer : Saktio
Editor : Dini