Gelar Razia Blok Kamar Hunian, Jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Amankan 4 Unit Handphone dan Benda Rakitan Menyerupai Sajam

oleh

TANJUNGPANDAN, Forumkeadilanbabel.com-
Dalam rangka menciptakan Situasi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) yang kondusif, jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan melaksanakan razia blok kamar hunian, Minggu (31/1/2021) pagi.

Razia kali ini menyasar barang-barang yang diduga dapat mengganggu situasi Kamtib dengan sasaran utama Narkoba, handphone dan sajam.

Pasca apel persiapan, petugas gabungan Rupam dan staf dibagi dua tim bergerak menyisir seluruh blok dan kamar hunian tanpa terkecuali.

Hasilnya, petugas berhasil mengamankan empat unit handphone, dan benda rakitan menyerupai sajam di kolong tempat tidur.

“Mereka (WBP) memiliki modus baru untuk mengelabui Petugas, barang tersebut disembunyikan didalam kolong yang ditutup dengan alas tidur mereka. Kolongnya tertutup rapi, sehingga tidak nampak kasat mata. Alhamdulillah, barang terlarang tersebut berhasil kami amankan untuk dimusnahkan,” kata Kasi Administrasi Kamtib Hardiansyah melalui siaran pers yang diterima awak media, Minggu (31/1/2021) malam.

BACA JUGA :  Terseret Kasus Korupsi Timah, 4 Smelter Ini Disita Kejagung

Hardiansyah mengatakan penggeledahan kamar hunian merupakan faktor terpenting dalam penegakan keamanan dan ketertiban pada lapas, rutan dan LPKA yang harus dilaksanakan guna memastikan tidak adanya WBP benda dilarang dan berbahaya.

Selain itu, lanjutnya, dalam kegiatan dadakan itu petugas juga melakukan pemeriksaan dan pengecekan kondisi kamar hunian WBP seperti pintu, teralis, dan plafon kamar hunian.

“Razia ini memang dilaksanakan secara mendadak atas perintah Kalapas,” ujar Hardiansyah.

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit menambahkan pihaknya akan memberikan hukuman tegas dan efek jera kepada WBP yang memiliki barang-barang berbahaya tersebut.

Menurutnya hasil penggeledahan kali ini akan menjadi bahan evaluasi ke depan untuk meningkatkan deteksi dini terhadap gangguan kamtib di lapas.

BACA JUGA :  Nyanyikan Lagu Bento , PJ Gubernur Safrizal Giring Ribuan Penonton Melompat dan Bersenandung di Acara Puncak Basel Bekecak

“Saya perintahkan agar dilakukan pemeriksaan dan di BAP sebagai dasar penjatuhan hukuman disiplin. Berkat kejelian petugas dilapangan, kami berhasil menemukan modus baru mereka untuk menyembunyikan barang tersebut,” kata Romiwin didampingi Kepala KPLP M Jawad Cirry.(rio)