Soal Zirkon, Aully Amarta Ungkap Pernyataan Wagub “Jangan hanya memikirkan aspek ekonomisnya saja, namun juga harus memperhatikan aspek resikonya yang bisa berbahaya bagi kehidupan”

Lokal

Belitung, FKB — Ramainya pemberitaan terkait adanya aktifitas pengiriman mineral ikutan Timah keluar Daerah Belitung dalam jumlah yang besar kian mendapat sorotan.

Setelah sebelumnya, ketua DPD KNPI dan Sekretaris PC SAPMA Kabupaten Belitung meminta Pemprov Babel dan Pemkab Belitung untuk serius menanggapi permasalahan pengiriman zirkon.

Kali ini, wakil ketua Departemen Pertanian, Kehutanan, Lingkungan Hidup, Energi dan Sumber Daya Mineral DPD KNPI Kabupaten Belitung, Aully Amarta juga ikut bersuara terkait pemberitaan adanya aktifitas pengiriman mineral ikutan Timah keluar Daerah Belitung dalam jumlah besar.

Aully mengatakan, bahwa sudah jelas apa yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, bahwa ketika dilakukan proses tailing, jangan hanya memikirkan aspek ekonomisnya saja, namun juga harus memperhatikan aspek resikonya yang bisa berbahaya bagi kehidupan.

BACA JUGA :  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pangkalpinang Buka Fun Game Asakkawa Basketball Academy

“Pesan tersebut disampaikan Wagub pada acara sosialisasi pengawasan TENORM secara langsung kepada para pelaku industri penambangan, pemangku kebijakan dari dinas ESDM dan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Babel. Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Wagub Abdul Fatah,” ungkap Aully Amarta, Senin (21/12/20).

Lebih jauh dikatakan Aully, pernyataan Wagub ini dikutip dari berita Bappeten tanggal 26 Juni 2019 lalu, pada kegiatan tersebut sebagai pesan akhir, diharapkan setelah kegiatan Diseminasi Pengawasan TENORM para pengolah penambangan pasir Zirkon di Babel lebih memahami adanya bahaya radiasi yang disebabkan oleh mineral monasit, zirkon dan ilmenit.

Kemudian, pelaku industri pengolahan zirkon harus mengajukan izin penyimpanan TENORM sehingga tidak akan terjadi pencemaran lingkungan hidup.

BACA JUGA :  Prof. Saparudin Sebut Produk UMKM Polman Babel Selalu Berinovasi Sesuai kebutuhan Masyarakat

“Mencermati itu semua DPD KNPI Kabupaten Belitung menegaskan, agar mineral ikutan dapat dikelola sesuai standar yang benar untuk menghindari dampak negatif bagi masyarakat,” tutup Aully Amarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.