Layanan Test Covid-19 di Bandara-bandara PT Angkasa Pura II (Persero) Kian Lengkap

oleh

JAKARTA, Forumkeadilanbabel.com-
Layanan test Covid-19 di bandara-bandara PT Angkasa Pura II (Persero) kini semakin lengkap untuk mendukung penerbangan yang sehat.

Hal tersebut sejalan dengan adanya fasilitas Airport Health Center di bandara-bandara PT Angkasa Pura II yang menyediakan layanan PCR test, dan rapid test antigen yang melengkapi layanan rapid test antibodi.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan semakin lengkapnya test Covid-19 di Airport Health Center bertujuan untuk mendukung transportasi udara yang sehat dan aman di tanah air, serta mendukung penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan untuk memastikan penerbangan yang sehat, dengan menyediakan tes COVID-19 yang lengkap.

“Bandara-bandara PT Angkasa Pura II kini fokus pada 3 hal yakni aspek operasional dan keamanan, lalu pelayanan, dan kesehatan,” kata Muhammad Awaluddin melalui siaran pers, Kamis (17/12/2020).

BACA JUGA :  Pemkot Pangkalpinang Terima Penghargaan Terbaik 1 Paritrana Award Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Muhammad Awaluddin menyebutkan diĀ  bandara Soekarno-Hatta, layanan tes Covid-19 yakni PCR test, rapid test antigen, dan rapid test antibodi tersedia di Airport Health Center yang berlokasi di SMMILE Center Terminal 3 dengan jam operasional 24 jam.

Adapun lokasi Airport Health Center di SMMILE Center Terminal 3 merupakan ruang terbuka yang dilengkapi area hijau sehingga dapat memberikan kenyamanan lebih bagi traveler. Di sisi lain SMMILE Center juga terdapat area komersial.

Muhammad Awaluddin juga menjelaskan Airport Health Center merupakan inovasi perseroan dalam menyediakan layanan satu atap terkait kesehatan khususnya tes Covid-19 untuk menjaga kontribusi sektor penerbangan dalam mendukung aktivitas dan perekonomian dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional [PEN].

BACA JUGA :  Kepemimpinan Riza Debby Kembali Ukir Prestasi Bidang Perlindungan Pekerja

“Aiport Health Center di bandara PT Angkasa Pura II dioperasikan oleh Farmalab yang merupakan anak usaha dari PT Indofarma Tbk,” ujar Muhammad Awaluddin.

Hasil PCR test di Airport Health Center SMMILE Center Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dapat diketahui dalam waktu 15 menit dengan biaya Rp1,385 juta, dan dalam 24 jam dengan biaya Rp.885.000. Sementara itu, hasil rapid test antigen dapat diketahui dalam 15 menit dengan biaya Rp.385.000.

Muhammad Awaluddin menambahkan Airport Health Center juga dilengkapi dengan sistem teknologi informasi yang mendukung operasional dan mempermudah traveler.

Sistem teknologi informasi yang digunakan antara lain adalah digital self-service kiosk untuk memastikan keteraturan antrean.

Selain itu, kata dia, terdapat juga sistem guna merekam data hasil tes dan juga tanggal keberangkatan penerbangan.

BACA JUGA :  Bupati Riza Ajak Masyarakat Semarakkan Event Basel Bekecak

“Khusus hasil tes yang dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi eHAC (electronic Health Alert Card),” ucap Muhammad Awaluddin.

Semakin lengkapnya layanan Airport Health Center ini juga dapat mendukung kelancaran angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021.

Pemantauan angkutan Nataru di bandara-bandara PT Angkasa Pura II dilakukan pada 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021, di mana pada periode tersebut diperkirakan jumlah penumpang di bandara perseroan sekitar 2,1 juta penumpang.

Seluruh bandara perseroan mengaktifkan posko Nataru untuk meningkatkan 3C (coordination, collaboration, communication) di antara stakeholder.

“Posko juga bertugas mengawasi operasional bandara termasuk pemenuhan protokol kesehatan,” pungkas Muhammad Awaluddin. (**/rio)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.