Serahkan Bantuan Mesin Peralatan Produksi Tepat Guna Ke IKM Terasi Desa Tanjung Niur, Begini Pesan Melati Erzaldi

oleh

Babar, FKB — Pemprov Babel Serahakan Mesin Peralatan Produksi Tepat Guna Ke IKM Terasi Desa Tanjung Niur
Tempilang, Bangka Barat- Di masa pandemi covid-19, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitug (Babel), melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan bantuan mesin peralatan produksi tepat guna ke pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Terasi Desa Tanjung Niar Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat.

Bertujuan untuk meningkatkan produksi IKM di masa pandemi Covid 19, mesin peralatan berupa mesin pembuatan terasi di serahkan secara simbolis oleh Koordinator International Council for Small Business (ICSB) WIlayah Babel Melati Erzaldi kepada pelaku IKM, Senin (7/12) di Halaman Kantor Desa Tanjung Niur Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat.

Melati Erzaldi mengatakan bantuan berupa alat produksi terasi yang diberikan oleh pemerintah provinsi Babel memiliki banyak manfaat, salah satunya meminimalisir kontak langsung dengan tangan, oleh karena itu mudah-mudahan dengan adanya bantuan mesin ini hasil produksinya lebih higienis dan sehat.

BACA JUGA :  Usai Diperiksa Jaksa, Mantan Gubernur Erzaldi Sebut Dirinya Dipanggil untuk Klarifikasi soal Perizinan

Untuk itu dirinya meminta kepada pelaku usaha yang menerima bantuan untuk bisa merawat mesin peralatan yang sudah diberikan dan memanfaatkanya dengan semakimal mungkin, sehingga hasil produksi terasi menjadi lebih meningkat baik dari segi produksi maupun kualitasnya.

Selain itu Melati juga meminta IKM untuk memakai bahan-bahan yang berkulaitas dalam membuat terasi, sehingga produk dapat bersaing di pasar.
“mudah-mudahan alat ini bermanfaat dan berkah buat anggota koperasinya,” kata Melati saat meninjau bantuan satu paket mesin produksi terasi.

Melati juga mengimbau masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan harus mengikuti langkah langkah atau prosedur yang telah di tetapkan Pemerintah Provinsi, karena bantuan itu menggunakan anggaran pemerintah dan ada alternative lain jika masyarakat ingin mendapatkan bantuan yaitu ke perusahaan-perusahaan, salah satunya ke BUMN.

BACA JUGA :  Tanggapi Isu Penggunaan Handphone di dalam Lapas, Kadiv Pas : Jika Terbukti akan Ada Sanksi secara Proporsional

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Sunardi menuturkan pemberian bantuan alat teknologi tepat guna berupa mesin penggiling terasi, mesin pencetak terasi dan mesin pengering terasi kepada Koperasi Serba Usaha Masyarakat Pesisir menggunakan anggaran tahun 2020.

Oleh karena itu dirinya meminta kepada koperasi yang mendapatkan bantuan mesin dapat memanfaatkan alat itu dengan sebaik-baiknya dan bagi IKM yang memerlukan bantuan alat teknologi tepat guna di persilahkan untuk mengajukan usulan ke dinasnya, tentunya akan di proses sesuai aturan yang berlaku di anggaran tahun 2021. Selain itu ada juga kerjasama yang difasilitasi Dinas Perindag Prop yang bekerjasama dengan Bank BRI Syariah Babel dan Polman Babel dalam hal pembiayaan pembuatan mesin peralatan IKM di Polman yang bisa dimanfaatkan pelaku IKM.

Sementara itu, Subekti Saputra Kabid Pengembangan Sumber Daya, Fasilitasi dan Akses Industri Disperindag Babel menjelaskan bahwa tujuan bantuan stimulus paket mesin produksi pembuatan terasi bagi IKM adalah untuk meningkatkan kemampuan produksi dan kapasitas usaha dari pelaku industri.

BACA JUGA :  Bupati Riza Ajak Masyarakat Semarakkan Event Basel Bekecak

Selan itu, dimaksudkan juga untuk memotivasi dan memfasilitasi para pelaku IKM untuk terus berbuat dan berkembang dalam proses dan hasil produksi, dimana outcomenya itu dapat meningkatkan hasil produksi dari IKM itu sendiri.

Oleh sebab itu, dengan adanya bantuan alat ini diharapkan IKM dapat meningkatkan hasil produksi dari usaha yang dilakukannya, yang muaranya nanti dapat peningkatan tenaga kerja industri pada daerah tersebut di masa pademi ini.

Dirinya juga menambahkan bantuan alat juga di berikan kepada IKM di Kabuaten Belitung.

Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Dinas Koperasa – UMKM Babel Elfiyena, Kepala Desa Tanjung Niur dan masayarakat Tanjung Niur (mislam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.