Kebutuhan Pasokan Darah di Tengah Pandemi Covid-19, PMI Belitung Gelar Donor Darah

Lokal

Tanjung pandan, Forumkeadilanbabel.com- Di tengah kebutuhan akan pasokan darah di saat pandemi, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama dengan dapur Belitung mengundang anggotanya mengadakan kegiatan donor darah yang melibatkan masyarakat sekitar, Rabu (25/11/20).

Menurut kabid kendali mutu, Jeni, acara tersebut melibatkan seruruh masyarakat setempat di sekitar jalan sudirman  di pulau Belitung.

“Di masa pandemi ini perhatian, kepedulian PMI, warga dan terutama juga para anggota sangatlah diharapkan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat lainnya,” kata Jeni selaku kabid, terkait acara yang diadakan dari pagi hingga siang .

Dia menekankan alasan PMI fokus pada donor darah karena kegiatan itu berperan penting dalam menyediakan kebutuhan darah yang dapat menyelamatkan nyawa orang, terutama di kala pandemi COVID-19 di mana kesehatan sangatlah penting.

BACA JUGA :  JMSI Babel Terima Piagam Dedikasi Pada Rakorsus Pengurus Pusat

Niat membantu orang itu diakui juga oleh asnadi yang merupakan pendonor darah tersebut. Dia datang untuk melakukan donor darah atas dasar kesehatan dan membantu orang yang membutuhkan.

Kegiatan itu juga diapresiasi oleh dapur belitung, jeni dari PMI kabupaten belitung yang menekankan kebutuhan darah yang sangat berkurang di saat pandemi. Namun, jumlah relawan pendonor cukup menurun terutama di awal pandemi.

“Kantong darah di PMI kurang sekali, banyak instansi yang bisanya melakukan kegiatan donor darah berkurang, karena mungkin takut dengan pandemi,” tandasnya.

Dia berharap donor darah akan kembali meningkat dan menegaskan bahwa COVID-19 tidak menular melalui darah serta proses pendonoran darah menerapkan protokol kesehatan yang ketat.(rom/Nop)

BACA JUGA :  Sekwan Kota Pangkalpinang Lakukan Penandatanganan Kontrak Baru bagi PHL

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.