Jumli Jamaluddin Berharap LPM dapat Berperan Aktif Dalam Melakukan Pemberdayaan Masyarakat

Lokal

Pangkalpinang, FKB – Pemerhati Publik sekaligus Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel), Jumli Jamaluddin, berharap agar Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) terutama baik ditingkat Kota maupun di tingkat Kelurahan khususnya di wilayah Pangkalpinang agar dapat berperan aktif atau berpartisipasi dalam melakukan pemberdayaan masyarakat terutama ditingkat kelurahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat maupun RT/RW.

“Banyak hal sebetulnya yang bisa dilakukan ataupun turut berpartisipasi melakukan pemberdayaan masyarakat termasuk kaitannya dengan kamtibmas,”ungkapnya.

Ia juga mengingatkan maksud dan tujuan dibentuknya LPM sebagai mitra Pemerintah Daerah yaitu Pemerintah Kota Pangkalpinang maupun pemerintahan di tingkat Kelurahan dalam mendukung program pembangunan, dari mulai perencanaan dan pelaksanaan hingga pengawasan dan pemeliharaan pembangunan.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Kota Pangkalpinang Tekankan Tenaga Ahli Tingkatkan Kinerja dan Bantu Fungsi Tugas Kelembagaan 

“LPM harus senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang maupun Kelurahan dan Organisasi Kemasyarakatan lainnya, dalam upaya mendukung sekaligus mencapai visi dan misi Pemerintah Kota Pangkalpinang,”jelasnya.

Jumli juga menegaskan yang tidak kalah penting, seluruh jajaran pengurus dan anggota LPM juga dituntut untuk terus meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kemampuan sumber dayanya. Maksud dan tujuannya, supaya Tugas Pokok dan Fungsi serta peran LPM dapat dilaksanakan dengan baik dan optimal, serta dapat menyentuh berbagai lapisan masyarakat.

“Sebab LPM merupakan salah satu wadah untuk menampung sekaligus mewujudkan aspirasi masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan,”ujarnya

Ia berharap udah-mudahan LPM baik ditingkat Kota Pangkalpinang maupun ditingkat Kelurahan dapat menjalankan peranannya paling tidak berpartisipasi membantu Pemerintah Kota Pangkalpinang maupun Kelurahan dan berbagai kegiatan dimasyarakat dalam meringankan beban masyarakat diantara berbagai sektor ditengah pandemi covud-19 saat ini.

BACA JUGA :  Buka Acara Adventure Offroad ManJa Bareng bersama IOF, Erzaldi: Jadilah Organisasi Yang Berdampak Untuk Masyarakat

“Namun tidak hanya di Kota Pangkalpinang saja, begitu juga halnya dengan LPM ditingkat Kabupaten atau pedesaan. Agar LPM di pedesaan dapat menjalan perannya maupun tupoksinya dalam membantu visit dan misi pemerintahan Kabupaten untuk meningkatkan pembangunan di pedesaan di Bangka Belitung,”pungkasnya.(yuko)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.