Jumli sebut Implementasikan Momentum Hari Kesaktian Pancasila termasuk Dengan Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

oleh

Pangkalpinang, FKB – Banyak hal bagi semua lapisan masyarakat untuk merefleksikan maupun mengimplementasikan momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober. Kamis, (1/10).

Menurut Ketua Kelompok sadar Keamanan dan ketertiban masyarakat Resor Pangkalpinang, Jumli Jamaluddin mengatakan terutama merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila bisa dimaknai sebagai sumber kekuatan dan energi untuk membangun kembali jati diri bangsa ini dengan mengamalkan apa yang terkandung dalam Pancasila.

“Diantaranya adalah seperti menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kantibmas), tidak mengganggu ketentraman masyarakat, tidak melakukan provokasi terhadap masyarakat ataupun tindakan lainnya yang merugikan masyarakat, menjaga kantibmas yang kondusif, aman dan nyaman,” tegasnya

Ia juga menjelaskan sebab itu proaktif dan peran serta atau partisipasi masyarakat menjaga kantibmas sangat penting sebagai bentuk repleksi dan implementasi dari sila-sila Pancasila.

BACA JUGA :  Bupati Riza Ajak Masyarakat Semarakkan Event Basel Bekecak

“Momentum peringatan kesaktian Pancasila tahun 2020 ini ditengah kondisi pandemi covid-19 yang secara faktor ekonomi mengalami keterpurukan dan kesusahan tentunya besar potensi membawa dampak berbagai gangguan kantibmas maka diharapkan menjadi dorongan semangat bagi masyarakat untuk menjaga kondusifitas kantibmas dan agar dapat terjaga dengan baik,” sebutnya

Bagi kalangan generasi muda diharapkan jangan pernah melupakan sejarah bangsa dan negara ini. Termasuk sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

“Makna kesaktian Pancasila harus jadi momentum kebangkitan generasi muda, jangan sampai mereka lupa dengan sejarah negeri ini,” pungkasnya.(yuko)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.