Pemprov. Babel Kembali Beri Beasiswa kepada Penghafal Alquran

oleh

PANGKALPINANG – Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali memberikan Beasiswa Tahfiz Quran atau beasiswa kepada para penghapal Alquran. Mereka yang menerima beasiswa ini berasal dari tingkat pelajar dan mahasiswa.

Penerima beasiswa ini dipilih melalui seleksi yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari tanggal 1-3 September 2020 di LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tujuh orang penguji atau dewan hakim yang menyeleksi para calon penerima beasiswa ini berasal dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Para juri di antaranya Ustaz Aidil Fitri Lc, Ustaz Khusnul Anam Lc, dan KH. Rahmat Hidayat.

Para calon penerima beasiswa ini berasal dari tingkat SD/MI/paket A sebanyak 233 orang, SMP/MTs/paket B sebanyak 129 orang, SMA/MA/paket C sebanyak 138 orang, dan dari mahasiswa sebanyak 18 orang.

BACA JUGA :  Kasus Dugaan Mafia Tanah, Kejati Babel akan Periksa Mantan Gubernur Erzaldi

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. Muhammad Soleh,l mengungkapkan beasiswa untuk Tahfiz Quran Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung ini merupakan inisiatif dari Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

“Tujuannya agar para penghafal Alquran ini terus terus meningkatkan hafalannya,” ungkapnya.

Sementara itu Koordinator Dewan Hakim, H. Sulaiman, S.Pd.I, MH mengatakan bahwa materi yang dinilai dalam seleksi ini adalah hafzil atau hafalan dan tilawah. “Para peserta diminta untuk meneruskan bacaan yang dibacakan dewan hakim dan saat itu penguji melihat bagaimana hafalan dan tajwidnya,” ungkapnya, Selasa (2/9/20) di LPMP Babel.

Dinas Pendidikan Babel
Penulis : Mamaq
Editor : Listya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.