Didit Dukung Langkah Gubernur Babel Gugat UU Minerba No. 3 tahun 2020 ke MK

Lokal

PANGKALPINANG, FKB – Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Didit Srigusjaya menanggapi langkah yang diambil Gubernur Erzaldi dalam menggugat UU Minerba No. 3 tahun 2020 ke Mahkamah Konstitusi.

Politikus PDI Perjuangan ini menilai, langkah hukum yang dilakukan gubernur bersama pengacaranya itu sudah tepat.

“Secara pribadi saya mendukung, apa yang dilakukan gubernur lewat pengacaranya itu sudah tepat, DPRD tetap mendukung,” kata Didit kepada sejumlah awak media di ruang kerjanya, Rabu (22/7).

Didit melanjutkan, apa yang sudah dilakukan oleh gubernur, semata-mata bermuara untuk kepentingan daerah.

“Intinya gini, jangan semuanya diserahkan ke pemerintah pusat, tahunya di pusat, (aktivitas tambang-red) jangan hanya meninggalkan kolong, meninggalkan kerusakan lingkungan,” terangnya.

“Kemudian dari sisi pendapatan daerah juga berkurang, jadi saya rasa kebijakan yang diambil Pak Gubernur itu DPRD memberi apresiasi,” tambahnya.

Selain itu, Didit juga meluruskan opini yang berkembang di tengah masyarakat yang beranggapan Gubernur Erzaldi seolah-olah berjalan sendiri dalam melakukan gugatan UU Minerba tanpa adanya keterlibatan dari pihak DPRD.

“DPRD tidak punya hak dalam sisi fungsinya, kami ini bukan tugasnya untuk melakukan judicial review, karena DPRD ini kan harus melaksanakan undang-undang,” tandasnya. (Ad)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.