Elius Gani: Hubungan PT BSS Dan PT FAL Itu Apa? Ini Harus Jelas

Lokal

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Pabrik pengolahan kelapa sawit yang beroperasi di Dusun Cungfo Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka saat ini kian mendapat sorotan dari dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka.

Pasalnya, perusahaan tersebut diduga hingga saat ini izinnya masih menggunakan nama PT FAL sementara baju seragam, SK, bendera dan DO nya atas nama PT BSS.

Terkait hal tersebut, Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Elius meminta kepada pihak perusahaan untuk memberikan penjelasan terkait permasalahan tersebut.

“Sebenarnya hubungan PT FAL dengan PT BSS itu apa? Ini harus jelas. Katakanlah kalau induknya PT BSS anak perusahaannya PT FAL, itu bisa saja. Hanya saja permasalahannya harus ada bukti dan laporan dari pihak perusahaan serta dilengkapi dengan Akta Notaris kalau ada pengabungan. Kalau ada akuisisi atau merger harus jelas dan juga harus ada laporan kepada pemberi ijin serta pemberitahuan kepada Dinas Pertanian dan Pangan juga,”¬† tegas Elius saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (17/7/20).

Menurutnya, permasalahan ini sebelumnya, sudah disampaikan kepada Dirjenbun.

“Permasalahan ini sebenarnya sudah disampaikan kepada Dirjenbun dan arahan Dirjenbun itu intinya silakan mereka (perusahaan-red) kalau mau merger atau akuisisi atau apalah namanya dan salinan tembusannya juga sudah di sampaikan ke pihak perusahaan. Lantas kenapa pihak perusahaan sepertinya mengabaikan hal tersebut,” kata Elius sedikit bingung.

Lebih lanjut dikatakan Elius, jika sebenarnya hari ini dirinya sudah perintahkan kabid perkebunan untuk turun ke lapangan, namun karena berbenturan adanya acara pembagian bantuan Covid-19 di Desa Penyamun terpaksa ditunda.

“Sebenarnya hari ini sudah kita perintahkan kabid perkebunan untuk turun kelapangan akan tetapi karena hari ini Jum’at serta ada acara pembagian bantuan covid di Desa Penyamun maka belum di laksanakan, namun akan diusahakan secepatnya untuk melihat apa dan sejauh mana pelaksanaan di lapangan yang sudah dikerjakan oleh pihak perusah√†an sesuai arahan pihak Dirjenbun,” kata Elius.

Lantas jika ada temuan setelah pihaknya turun ke lapangan. Adakah sanksi yang akan diberikan kepada perusahaan tersebut?

“Setelah turun ke lapangan, hasilnya akan kita sampaikan kepada pemda, sanksinya seperti apa itu keputusannya atas nama Pemda. Mengenai pencabutan izin itu bukan ada pada Dinas kita, semua itu akan kita kordinasikan kepada yang pemberi izin dan keputusannya bukan atas nama Dinas kita akan tetapi atas nama tim Pemda,” tandasnya.

Jika melihat bukti-bukti yang ada. Apakah PT BSS itu masuk dalam kategori perusahaan ilegal?

“Semua perizinan itu adanya di PTSP. Bila tidak terdata di situ berarti ya. Yang ada di Pemda hanya PT FAL,” tegasnya.(bustami)

Baca Juga:

Perkebunan dan Pabrik Kelapa Sawit Ini Izinnya atas nama PT FAL, Namun Bendera, Seragam dan DO serta SK nya Atas Nama PT BSS

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.