Suryo Sebut Secara Aturan Pokdarwis Punya Wewenang Dalam Mengembangkan Destinasi Wisata di Daerah

Lokal

Pangkalpinang, FKB – Mengingat kota Pangkalpinang merupakan kota perdagangan, jasa dan industri. Kelompok Sadar Wisata kota Pangkalpinang mengajukan satu destinasi wisata baru di setiap kecamatan se kota Pangkalpinang. Mendapatkan dukungan dari tiga Organisasi perangkat daerah di kota Pangkalpinang.

Hal ini terungkap saat audience antara kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Pangkalpinang dengan Dinas Pariwisata, Dinas perindustrian, Perdagangan, UMKM dan kota serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah kota Pangkalpinang. Kamis,(9/7) di ruang pertemuan Walikota Pangkalpinang.

Dalam kesempatan ini Plt kadis Pariwisata, Suryo mengatakan sesuai aturan seharusnya Pokdarwis punya wewenang dalam mengembangkan destinasi wisata disebuah daerah.

“Secara aturan Pokdarwis berhak mengembangkan destinasi wisata disebuah daerah, tapi sayang ketika sudah maju banyak yang iri. Seharusnya peraturannya harus dikuatkan lagi agar Pokdarwis bisa berkembang dan lebih maju,” ungkapnya

Tidak hanya itu saja, kedepannya bagaimana semua elemen yang ada harus dirangkul agar menjaga satu kekuatan menuju kekuatan ekonomi masyarakat.

“Kedepan jika dikelola oleh kelompok sadar wisata bisa memberikan pendapatan daerah yang lebih besar ketimbang dikelola oleh pemerintah. Itu perbandingan 40% jika dikelola Pokdarwis tapi pemerintah 60 % saja,” jelasnya.

Sementara itu Sekertaris Bappeda dan Litbang kota Pangkalpinang Billy mengungkap apa yang disampaikan oleh Kelompok sadar wisata kota Pangkalpinang sudah sangat baik untuk program kedepan bagi masyarakat kota Pangkalpinang

“Kami sangat mendukung jika Pokdarwis jika akan membangun pusat ekonomi kreatif baru dikota Pangkalpinang untuk penguatan ekonomi masyarakat,” sebutnya.

Ia juga berharap pertemuan ini bisa menjadi pondasi awal untuk membuat study kelayakan agar program Kelompok Sadar Wisata ini bisa berjalan.

“Pertemuan ini menjadi pondasi awal, kedepan dinas harus segera membuat study kelayakan program tersebut. Bila perlu sore ini harus ada pengajuan study tentang destinasi wisata baru berbasis ukmk dan wisata buatan”, pintanya

Selanjutnya Ketua Kelompok Sadar Wisata kota Pangkalpinang merasa bersyukur atas tanggapan positif pemerintah daerah terhadap program Kelompok Sadar Wisata kota Pangkalpinang.

“Kami ucapkan terimakasih, tanggapan positif yang diberikan oleh tiga OPD di lingkungan Pemkot Pangkalpinang, semoga ini jadi awal kebangkitan ekonomi masyarakat pasca Covid 19 ini,” ucapnya.

Semoga kedepan sinergi dalam membangun kota Pangkalpinang akan lebih baik dengan adanya komunikasi awal seperti ini

“Kelompok Sadar Wisata siap bersinergi dengan pemerintah dan organisasi masyarakat yang lain dalam mengembangkan destinasi wisata baru disetiap setiap kecamatan dikota Pangkalpinang,” pungkasnya.(yuko).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.