Inovasi Teknologi Virtual dalam Sistem Pendidikan di Pangkalpinang, Diperlukan

Lokal

Pangkalpinang, FKB — Pemerintah Kota Pangkalpinang keserius dalam menangani pagebluk penyebaran virus Korona yang juga dikenal sebagai virus Sars Cov 2. Terakhir Pemkot mengambil kebijakan ‘menuju new normal’. Menjalankan geliat perekonomian bagi warga terdampak Covid-19 namun tetap dalam pelaksanaan protokol kesehatan.

Begitu pula halnya dengan dunia pendidikan. Kondisi Pagebluk virus Covid-19 membawa Pemkot Pangkalpinang untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam membangun sistem pembelajaran pendidikan melalui teknologi daring.

“Kita harus bisa berinovasi dan berkreasi membangun sistem pendidikan menggunakan pembelajaran secara virtual,” kata Eddy Supriadi, Plt Kadis Dikbud Kota Pangkalpinang.

Hal ini disampaikan Eddy, saat melakukan audiensi dengan Ruang Guru, Kamis (9/7/20) di Ruang Rapat Walikota Gedung Tudung Saji.

Inovasi program pembelajaran secara virtual baik jika bisa dilaksanakan di Pangkalpinang. Menurut Eddy, jika dilaksanakan maka program Learning Management System (LMS) ini tidak akan mengganggu pos APBD. Karena kegiatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan dana Bos yang bersumber dari APBN.

Hal ini sesuai dengan juknis yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020, sebagai perubahan atas Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler.

Permendikbud ini merupakan upaya untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dari rumah sebagai akibat dari meningkatnya dampak penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) terhadap pembelajaran pada satuan pendidikan.

Menanggapi kerjasama pembelajaran berbasis IT, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Suparyono, yang hadir mewakili Wali Kota menyambut positif rencana ini.

“Seperti kata Wali Kota, Kita harus melompat bukan cuma berlari, jika tidak kita akan ketinggalan. Apalagi jika Pangkalpinang menjadi yang pertama di Indonesia pelaksanaan pembelajaran virtual secara masif,” ucap Suparyono. (Bagja/yuko)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.