Warga Sekitar Keluhkan Rusaknya SPAM Akibat Proyek Peningkatan Jalan Perawas Buding

oleh

Tanjung Pandan, Forumkeadilanbabel.com – Proyek Peningkatan jalan Perawas Buding, Buding Manggar oleh Dinas PU-PR Provinsi Kep. Babel mendapat sorotan dari warga sekitar.

Pasalnya, proyek pekerjaan peningkatan jalan di lokasi tersebut yang dikerjakan oleh CV. Cahaya Indah Karya mengakibatkan fasilitas umum lainnya seperti Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) rusak. Sehingga pendistribusian air bersih ke rumah rumah warga terkendala.

 

Rustam warga sekitar lokasi proyek mengatakan warga mengeluhkan SPAM yang rusak. Menurutnya, rusaknya SPAM tersebut lantaran adanya pengalihan siring air lantaran ada peningkatan jalan.

“Dari tahun 2010 kami sudah menikmati air itu, kini rusak. Kami tidak dapat memanfaatkannya. Kami ini pening kalau tak dapat air” ungkapnya.

BACA JUGA :  Tekan Inflasi, Pemkot Pangkalpinang Gandeng Bank Sumsel Babel Gelar Operasi Pasar Murah

Meski kata dia, jalan merupakan salah satu bagian dari infrastruktur yang juga memiliki peran penting bagi manusia dan dalam suatu proyek infrastruktur namun banyak juga sisi yang perlu diperhatikan apalagi di dalam pelaksanaan pelebaran jalan, biasanya ada kerusakan aliran pipa akibat galian.

Atas itulah ia meminta kepada pemerintah ataupun si pekerja proyek untuk segera memperbaiki SPAM tersebut mengingat pentingnya air dalam kebutuhan.

Sementara itu, PPKĀ  Dinas PU Provinsi Kepulauan Babel, Heriyadi kepada media ini berjanji akan memperbaiki Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Suka Damai Kecamatan Damar Kabupaten Belitung Timur yang rusak akibat pekerjaan peningkatan jalan.

Meski kata Heriyadi, penggantian SPAM tersebut menggunakan uang kontraktor pribadi, bukan dari anggaran pemerintah.

BACA JUGA :  Bupati Riza Ajak Masyarakat Semarakkan Event Basel Bekecak

“Itu tetap kita perbaiki, apalagi mencakup masyarakat ramai. Pemasangannya tergantung tukang seperti apa. Dana perbaikan dari dana pribadi (bukan anggaran pemerintah, red),” katanya, Selasa (30/6/2020).

Hingga berita ini diturunkan, wartawan media ini masih upayakan konfirmasi ke pihak CV. Cahaya Indah Karya selaku kontraktor pelaksana.

(Nov)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.