Kondisi Dermaga Memprihatinkan, Masyarakat Nelayan Desa Air Menduyung Tagih Janji Gubernur Erzaldi Bangunkan Dermaga

Lokal

Forumkeadilanbabel.com, Bangka Barat-Nelayan Desa Air Menduyung Dusun Belanek Kecamatan Simpang Teritep Kabupaten Bangka Barat menagih janji Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan membangun dermaga tempat mereka untuk pergi melaut.

Desa Air Menduyung merupakan kawasan wisata alam yang asri dan masih terjaga oleh masyarakat sekitar yang berkerja sebagai pelaut dan penghasil udang dan kerang di Kabupaten Bangka Barat.

Yamin salah satu nelayan yang mengantarkan wartawan untuk melihat langsung panorama wisata alam hutan mangrove dan kepiting bakau serta keindahan alam dimana sekumpulan kera dengan bebasnya bercengkrama  dan lalu lalangnya kapal nelayan yang pergi dan pulang melaut.

“Kami sangat berharap Pak Gubernur Babel Erzaldi Rosman bisa membantu kami membangun lantai dermaga, yang saat ini papannya sudah mulai rusak dan rapuh. Dimana dulu pak Gubernur pernah berjanji,” ucap Yamin. Minggu,(1/3).

BACA JUGA :  HMI Tantang Ketua DPD HNSI Babel, Johan Murod Debat Terbuka Soal Tambang Ilegal di Mengkubung

Tidak hanya itu saja, Yamin juga menyebutkan saat ini kondisi dermaga di desanya sudah sangat memprihatinkan, kayu-kayunya sudah banyak yang rapuh dan tangga untuk turun ke kapal pun sudah banyak yang roboh.

“Semoga saja Pak Gubernur Babel bisa menepati janjinya,” pintanya.

Ia juga mengatakan untuk membuat sebuah perahu dan mesin butuh dana sekitar dua belas juta rupiah itu udah termasuk jaring untuk mencari udang dan ikan di laut.

“Untuk memiliki perahu berserta peralatannya kami ngutang dulu dengan bos, selanjutnya kami bayar dengan hasil tangkapan yang kami dapatkan,” pungkasnya.

Dalam pantauan, ratusan perahu milik masyarakat yang setiap hari melaut terpaksa harus berhati hati saat menggunakan dermaga yang sudah rapuh sebab bila tidak berhati hati maka bisa saja jembatan dermaga tersebut akan roboh.

BACA JUGA :  Peringati Hari Mencuci Tangan Se-dunia, Boy Yandra : Terlebih di Tengah Pandemi Covid-19

Tak dapat dipungkiri, masyarakat nelayan di desa Kundi ini memang  sangat membutuhkan bantuan pemerintah kabupaten Bangka Barat dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk pembangunan dermaga yang kokoh agar mereka merasa nyaman dan aman untuk pergi melaut. (Yuko)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.