Warga Masyarakat Bakam Berharap Dewan Serius Memperjuangkan Perbaikan Jalan

Lokal
Forumkeadlanbabel.com, Sungailiat — Warga mayarakat berharap pimpinan maupun anggota DPRD Bangka, serius memperjuangkan keluhan rakyatnya, terkait kerusakan jalan Sungailiat-Bakam. Hal itu terungkap dalam pertemuan warga Kecamatan Bakam yang mengadu di DPRD Bangka,  Senin (24/02/2020) di ruang pari purna.

Dijelaskan Kades Bukit Layang, Andri, bahwa kehadiran dirinya bersama  warga ke kantor DPRD Bangka, minta keseriusan dewan, terkait perbaikan kerusakan jalan. Sebab warga menilai dewan kurang serius dalam menangkap keluhan warga masyarakat,  memperbaiki kerusakan jalan,
“Bertahun tahun jalan rusak dibiarkan saja. Padahal berulangkali warga mengadu ke dewan. Tolong jangan cuma datang lima tahun sekali waktu kampanye  ke desa kami. Dan setelah duduk dewan lupa. Lihat sekarang ini, dari dulu sampai sekarang jalan kami tidak juga diperbaiki,” tutur Andri.

Ditambahkan Andri, pihaknya juga sudah beberapa kali mengadukan ke dewan saat musrenbang, namun tetap saja tidak ada hasil dan kerusakan jalan tidak diperbaiki,
“Apa perlu kami pasang spanduk, bertuliskan selamat datang di wisata jalan beribu lobang, lalu kami sebarkan ke media sosial,” sindirnya.

Andri juga mengatakan bahwa, jalan itu rusak banyak faktor, seperti truk bawa TBS sawit. Kemudian adanya Kp timah dan  banyak tronton yang membawa PC (alat berat-red),  dimana rata-rata beratnya lebih dari 12 ton. Sementara jalan  hanya berkekuatan menahan beban  delapan ton, “Seharusnya pihak perusahaan yang terkait juga ikut bertanggung jawab terhadap kerusakan jalan,” tegasnya.

Menanggapi lontaran Andri,  Plt Kepala Dinas PU Bangka, Haryadi yang hadir dalam pertemuan mengatakan, bagwa  perbaikan jalan Sungailiat-Bakam sudah dilakukan sejak tahun 2012 lalu. Namun untuk tahun 2020, pihaknya memang tidak memperbaiki jalan tersebut karena keterbatasan anggaran.
“Jalan ini panjangnya 38,32 kilometer, dan memang ada beberapa kali kita melakukan peningkatan dan pemeliharaan berkala tiap tahun. Tahun ini kita usulkan daba tapi sampai saat ini belum ada kepastian dapat daba atau tidak dari provinsi,” jelasnya.

Sementara, Romlan anggota DPRD Bangka, yang memimpin pertemuan,  mengatakan akan memperjuangkan usulan perbaikan jalan tersebut untuk dianggarkan tahun 2021. (heru sudrajat)
BACA JUGA :  Dibuka Deputi Pemberdayaan Olahraga, Portradnas Belitung 2021 Diikuti 374 Peserta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.