Video Analisa Forumkeadilan: Pembunuhan Pedagang Pribumi

oleh
Djoko SSatoso alias A Kwie pwmilik Alfamart

PRIYONO B SUMBOGO

Pasar tradisional indentik dengan pedagang kecil kaum pribumi. Pasar tradisional identik pula dengan pedagang kelas dua. Bahkan sekarang sudah tidak berkelas, karena Alfa Mart menerjang sampai ke kampung-kampung, merebut rejeki pedagang kecil. Kedai-kedai buah di pinggir jalan yang menjadi tumpuan hidup orang kampung dilabrak habis. Warung-warung rokok digulung jadi kayu bakar.

Carrefour Indonesia (Carrefour), perusahaan dari Perancis, kini menjadi perusahaan yang lolos dari ketukan palu Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Carrefour selanjutnya leluasa berdiri megah di atas bangkai pasar tradisional.

Warga keturunan Tionghoa yang menguasai hampir semua rumah toko (ruko) dan kegiatan bisnis di seantero Indonesia, sudah menjual cendol, cincau, jengkol, makanan tradisional, sampai keset. Tapi mereka masih merasa didiskriminasikan. Sebaliknya bila mereka mengepung dan mematikan pedagang pribumi yang memasuki wilayah bisnis mereka, semisal kios onderdil, itu disebut bukan diskriminasi, melainkan persaingan bebas.

Di bisnis media, ”pembunuhan” pengelola pribumi terjadi dari hari ke hari dan masih akan berlanjut. Siti Hardiyanti Rukmana (Tutut) – anak mantan Presiden Soeharto – didepak dari Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) oleh Harry Tanoe Soedibjo. Orang yang bersimpati pada Tutut akan dicap sebagai antek Orde Baru. Media massa yang masih dikelola pribumi, perlahan-lahan juga akan dibunuh dengan berbagai cara atau setidaknya akan diganggu dengan menggunakan tangan-tangan kaum pribumi berwatak begundal.

BACA JUGA :  Sengketa Pilpres 2024 di MK, Yusril Disebut Nekad Kumpulkan Pengacara Gagal

Siapa berani melawan dan siapa yang akan menyelamatkan ladang rejeki bagi kaum pribumi. Partai-partai politik itu? Aburizal Bakrie, Megawati Soekarnoputri, Surya Paloh,, Muhaimin Iskandar, Wiranto, Prabowo Subianto, Susilo Bambang Yudhoyono? Mereka terlalu sibuk mengamankan posisi politik dan citra mereka. Mereka sudah memberikan perhatian pada pedagang kecil di pasar tradisional, di pinggiran jalan, atau di emper-emper ruko nonpribumi, pada saat kampanye pemilihan umum. Setelah itu, giliran pedagang kecil yang harus bertarung sendiri. Negara pun lebih suka menggelontorkan Rp, 6,7 triliun kepada Bank Century yang dikelola nonpribumi agar tidak menimbulkan dampak sistemik.

Pedagang-pedagang pasar tradisional dan pengelola-pengelola bisnis kecil-kecilan kaum pribumi, harus berjuang sendiri. Hidup dari hari ke hari. Dan bila menganggu pemandangan di depan ruko-ruko atau mal-mal kaum nonpribumi, mereka harus pergi sambil digebuki oleh Satuan Polisi Pamong Praja. Tidak mengapa. Hidup sebagai pedagang pribumi memang harus bertarung, dengan risiko kehancuran atau bertahan.

BACA JUGA :  Dikonfirmasi Soal Namanya Disebut Terima Rp2,5 Miliar dalam Kasus Korupsi BKKBI Tulungagung, Gus Ipul Pilih Bungkam

Dalam situasi seperti sekarang, dapat bertahan saja sudah bagus, karena kemenangan hampir tidak mungkin. Bahkan untuk menciptakan keseimbangan antara pedagang pribumi dan nonpribumi, adalah sesuatu yang teramat sulit.

Tak mengapa. Hidup sebagai pedagang kecil, menggiring hati menjadi ikhlas. Syukur-syukur dapat hidup terus. Remuk digebuki Satpol PP atau diganggu kaum begundal juga tak apa-apa. Tapi para pedagang kaki lima dan pedagang pasar tradisional mengajarkan keberanian. Mereka tidak menyerah. Lapak dan gerobak yang dihancurleburkan, dibangun kembali di tempat lama atau di tempat baru atau di mana saja. Mereka mandiri. Bahkan bila tidak ada wakil rakyat atau presiden, mereka akan tetap hidup, karena selama ini mereka sudah terbiasa sendirian.

Teori tentang kemiskinan struktural atau teori budaya kemiskian, menjadi tidak relevan lagi. Kemismikan pedagang kecil pribumi bukan karena akibat sistem yang berpihak pada taipan nonpribumi, bukan juga karena pedagang kecil pribumi berbudaya malas sehingga miskin. Mereka adalah petarung yang harus berkelahi untuk hidup atau mati. Mereka adalah para petualang, para pejalan di jalur berliku yang serba tak pasti. Mereka adalah orang bebas yang kadangkala terpaksa menjual bayi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau merangkap sebagai kupu-kupu di malam hari karena warung kecilnya tak laku di pagi hari.

BACA JUGA :  Dikonfirmasi Soal Namanya Disebut Terima Rp2,5 Miliar dalam Kasus Korupsi BKKBI Tulungagung, Gus Ipul Pilih Bungkam

Mereka berkata dan bertindak sebagaimana adanya, karena berbasa-basi pun tak ada gunanya. Mereka membenci pedagang nonpribumi, karena menyenangi nonpribumi tak mendatangkan untung. Mereka tidak minta tolong pada pengacara, karena pengacara lebih suka membela para taipan bermasalah.

Mereka juga tidak minta tolong pada Presiden Joko Widodo, karena mereka dengar Joko Widodo punya hubungan dekat dengan Taipan etnis Cina, bahkan dengan negeri Cina. Mereka tahu akan ditembak dan dicap anarkhis bila suatu hari membakar kios-kios nonpribumi atau membunuhi kaum nonpribumi. Oleh karena itu mereka berusaha untuk tidak melakukannya, walau suatu hari ledakan kebencian mungkin tak dapat dibendung, yakni manakala timbul anggapan bahwa mati lebih baik daripada tidak dapat mencari rejeki di negeri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.