Balai P2JK Babel pastikan Lelang Paket APBN Akan Fair Play

Lokal
Rony Adriani

Forumkeadilanbabel.com, PANGKALPINANG-Kepala balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (P2JK) Bangka Belitung, Rony Adriani pastikan proses pelelangan paket pekerjaan yang bersumber dari dana APBN akan fair play. Hal ini disampaikannya saat menerima wartawan di ruang kerjanya Kamis (19/12) siang. Rony mengatakan bahwa kebaradaan P2JK mengemban amanah untuk memastikan tidak ada lagi kecurangan ataupun intrik-intrik yang sering dikeluhkan para rekanan. Namun ia pun meminta agar para rekanan pun jeli dalam memenuhi persyaratan.
“Saya akan pastikan tidak ada titip-titpan dalam proses pelelangan pekerjaan. Dan kami pun akan tegas dalam sistem administrasinya. Kalau persyaratannya tidak lengkap maka kami pun tidak akan menganulir. Artinya saat berkas lelang sudah kami terima maka tidak ada lagi istilah perbaikan atau ditarik lagi untuk dikoreksi. Yang kami lakukan langsung mendiskualifikasi. Oleh karena itu kita minta supaya rekanan teliti dalam kelengkapan administrasi dokumen,” tegasnya.

BACA JUGA :  Permasalahan Muara Air Kantung Sudah ada Sebelum Gubernur Cabut Ijin Pulomas

Rony menekankan hal itu mengingat sistem pelelangan saat ini sudah semakin ketat, dan tdak ada lagi rekayasa, istilah titip-titipan. Tak hanya itu, pokja di P2JK pun difilter lagi oleh tim peneliti. Sehingga jika pokja ada upaya untuk memenangkan salah seorang rekanan, maka akan diteliti kembali oleh tim peneliti sebelum pengumuman pemenang.
“jadi ada tiga unsur di dalam proses lelang itu yaitu tim pelaksana, Pokja dan Tim Peneliti yang tugasnya menindak lanjuti dokumen dari Satker sebelum ditayangkan online. Tim Pelaksana melihat kelangkapannya, misalnya apakah dokumen sudah lengkap, DED nya ada tidak, HPS nya atau nilai satuannya sesuai tidak, masuk akal tidak, kalau tidak sesuai sesuai nilainya bisa saja misalnya mereka mengada-ada. Nah itu akan diperikasa oleh tim pemeriksa. Kalau tidak sesuai maka itu akan dibalikin,” papar pria asal MInang Kabau ini.

BACA JUGA :  Hadiri Peringatan Maulid Nabi, Molen: Vaksin Terbukti Berhasil di Kota Pangkalpinang, Tingkat Penularan Covid-19 Mereda

Rony juga menambahkan pihaknya bisa saja mengulangi proses pelelangan jika ternyata para rekanan yang mengikuti tender belum ada yang memenuhi seluruh persyaratan. Dan jika samapai terjadi dua kali pembatalan lelang maka itu akan menjadi kewenangan menteri untuk memberikan rekomendasi penunjukkan langsung. Namun itu tentunya melalui mekanisme dan kajian yang logis. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.