Siap-siap, Hanya Media dan Wartawan Legal yang Dapat Bermitra dengan Pemprov Babel

Lokal
Kabid Informasi Komunikasi Publik, Padli SIp

FORUMKEADILANBABEL.COM, PANGKALPINANG — Dinas Kominfo dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menegaskan tahun 2020 hanya akan menerima kerjasama dengan media yang sudah berlabel legal (resmi) sesuai Pergub No 18 Tahun 2019.

Demikian disampaikan Kabid Informasi Komunikasi Publik, Padli SIp seizin Kadis Kominfo Babel, Dr Drs Sudarman MMsi saat dibincangi di ruang kerjanya, Senin (25/11/2019).

“Pergub ini sebagai acuan kita untuk mengadakan kerjasama dengan media dimulai tahun 2020 mendatang. Pergub diterbitkan bulan April 2019 dan akan diterapkan mulai 1 Januari 2020,” ujar Padli.

Adapun tujuan dikeluarkan Pergub, kata Padli, hanya ingin menata media-media yang ada di Bangka Belitung.

“Kita tahu sekarang banyak media-media yang ilegal tapi kita tidak membicarakan media abal abal atau pun bukan. Hanya ingin menata mereka, ingin memberikan kesempatan kepada mereka untuk bagaimana caranya agar media-media ini legal. Kita ingin mengatur dan tidak ingin membatasi meliput, ” ucapnya.

BACA JUGA :  Pasca Pencabutan Izin PT Pulomas, Gubernur Gandeng Primkopal Atasi Pendangkalan Muara Air Kantung

Dikatakan Padli, keluarnya Pergub No 18 Tahun 2019 tentang penyebaran informasi penyelenggaran pemerintah di lingkungan Pemprov Babel pihaknya sudah berkerjasama dengan Dewan Pers.

“Keluarnya Pergub ini sudah kami konsultasikan dengan Dewan Pers dan PWI Babel. Kita juga sudah koordinasi dengan pemerintah provinsi lainnya seperti Padang, Sumatera Barat. Tinggal kita kedepannya menerapkan (implementasi) agar semua media di Babel bisa berkerjasama secara resmi,” bebernya.

Lebih jauh, Padli juga mengatakan keluarnya Pergub pihaknya sudah duluan melakukan sosialisasi ke sejumlah media yang ada di Babel.

“Sudah kami sosialisasikan sejak 8 bulan yang lalu dengan mengundang pimpinan media. Kedepannya kami juga akan mengadakan uji kompetensi wartawan (ukw) di akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020. Mudah-mudahan semua ini bisa diterima dan dilaksanakan dengan baik ” tandasnya. (rom)

BACA JUGA :  PWI Bangka Akan Gelar Pra UKW Seleksi Peserta Kelas Jenjang Muda

Adapun syarat media atau wartawan yang mau kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sesuai pasal 15 ayat 3, Pergub No.18 tahun 2019 adalah sebagai berikut :

1. Terdaftar di Dewan Pers dan minimal terverifikasi Adminitrasi
2. Penanggungjawab Media dan/ atau Penanggungjawab Redaksi harus telah dengan Kompetensi Wartawan Utama
3. Berbadan hukum yang masih berlaku
4. Memiliki visi dan misi yang jelas
5. Memiliki struktur Dewan Direksi yang aktif
6. Memiliki NPWP yang masih terdaftar
7. Memiliki nomor rekening yang aktif
8. Mempunyai SIUP dan TDP yang masih berlaku
9. Diskominfo berkerjasama dengan satu perusahaan yang hanya berlaku untuk satu media
10. Adanya perwakilan wartawan yang memiliki surat tugas resmi dari media yang bersangkutan untuk ditempatkan pada Media Centre Kantor Gubernur
11. Wartawan yang bertugas di Media Centre sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan memiliki sertifikat UKW (Minimal Wartawan Muda)
12. Aktif melakukan penerbitan dalam 2 tahun terakhir
13. Tidak didanai dan atau menerima dana dari pihak asing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.