Jejak Riwayat Calon Kapolri Komjen Idham Aziz

oleh
Komjen Idham Aziz

Komjen Polisi Idham Azis menjadi calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang diangkat menjadi menteri dalam kabinet baru pemerintahan Jokowi-Maruf Amin. Komjen Idham bersama Jenderal Tito pernah mendapat kenaikan pangkat luar biasa, karena berhasil melumpuhkan dalang teror bom Bali Dr. Azhari di Batu, Malang, Jawa Timur, pada tahun 2005 silam.

Saat itu, Idham menjabat Kepala Unit Riksa Subden Investigasi Densus Polri. Ketika itu Idham melaksanakan operasi bersama Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose, serta Rycko Amelza Dahniel dan lainnya. Mereka pun mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari Kapolri (saat itu) Jenderal Sutanto.

Idham merupakan salah satu perwira tinggi (pati) Polri yang berprestasi. Berbagai jabatan di Korps Bhayangkara pun pernah ditempati hingga ke kursi Kepala Bareskrim Polri. Selain kariernya cemerlang, Idham juga sering dilibatkan dalam tim satuan tugas untuk mengungkap perkara-perkara yang menjadi sorotan publik karena punya latar belakang sebagai reserse dan antiteror.

BACA JUGA :  Otak Utama Konsorsium Harvey Moeis akhirnya Jadi Tersangka Korupsi Tata Niaga Timah

Pada bulan Desember 2001, Idham tercatat menjadi anggota Tim Kobra untuk menangkap Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto di bawah pimpinan Tito Karnavian. Saat itu Idham bertugas di Unit Harda Polda Metro Jaya.

Selanjutnya, Idham juga ikut menumpas dua teroris kelompok Santoso di Poso, Sulawesi Tengah. Saat itu Idham menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tengah. Saat menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Idham mengungkap pelaku kasus pembunuhan dan sodomi 14 anak jalanan yang ditangkap pada tanggal 9 Januari 2010.

Saat jadi Kapolda Metro Jaya, Idham mengungkap kasus penyelundupan narkotika jenis ganja seberat 1,3 ton dari Aceh ke Jakarta dan penyelundupan sabu-sabu 1,6 ton dari Taiwan di Anyer, Banten. Selain itu, Idham juga berhasil menjaga situasi keamanan di Jakarta tetap kondusif saat Ibu Kota menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018.

BACA JUGA :  Harvey Moeis Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka ke 16 dalam Kasus Mega Korupsi Tata Kelola Timah

Idham juga terlibat dalam Operasi Camar Maleo bersama TNI untuk menangkap kelompok teroris Santoso di wilayah pegunungan Poso, Sulawesi Tengah, awal tahun 2015. Presiden Joko Widodo mengusulkan nama Kabareskrim Polri Komjen Pol. Idham Azis sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR RI, Rabu (23/10), menggantikan Tito Karnavian.

“Pengganti Kapolri sudah kami ajukan hari ini ke DPR. Pak Idham Azis,” kata Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.