Ngobrol Santai Sampaikan Aspirasi ( NGOPI ) Bersama Ust. Zuhri M Syazali,LC.MA

oleh

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang — Pasca pelantikan DPD RI pada tanggal 1 Oktober 2019 , Ust. Zuhri sapaan akrab mantan Bupati Bangka Barat yang sekarang diberikan amanah oleh warga masyarakat Prov. Kepulauan Bangka Belitung sebagai salah satu senator yang mewakili Bangka Belitung di Senayan bersama senator lainnya yaitu Darmansyah Husein, Alexander Franciscus dan Hudarni Rani periode 2019-2024.

Ust. Zuhri menyempatkan diri dan merasa sangat gembira walaupun baru berumur 2 minggu pasca pelantikan disela-sela kesibukan sebagai senator masih dapat meluangkan waktu bertemu masyarakat secara langsung dan sangat merasa berkesan dengan pertemuan yang di hadiri lebih kurang 80 orang , rata-rata yang hadir anak-anak muda potensial (milenial) praktisi media dan pegiat media social bertempat di warung ATOK KULOP Citra Botanical Garden Pangkalpinang pukul 19.00 – selesai.

Diketahui bahwa saat ini sebagai senator Dapil Bangka Belitung Ust. Zuhri masuk dalam Komite III yang mana merupakan alat kelengkapan DPD RI yang bersifat tetap, yang mempunyai lingkup tugas pada pendidikan dan agama.
Lingkup tugas Komite III sebagaimana dimaksud dilaksanakan dengan memperhatikan urusan daerah dan masyarakat antara lain adalah :
1. Pendidikan
2. Agama
3. Kebudayaan
4. Kesehatan
5. Pariwisata
6. Pemuda dan Olah Raga
7. Kesejahteraan Sosial
8. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
9. Tenaga Kerja dan Transmigrasi
10. Ekonomi Kreatif
11. Pengendalian Kependudukan/ Keluarga Berencana dan
12. Perpustakaan.

BACA JUGA :  Pemkot Pangkalpinang Terima Penghargaan Terbaik 1 Paritrana Award Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Selain masuk dalam Komite III DPD RI, Ust. Zuhri juga mendapat kepercayaan dari Lembaga tersebut untuk meduduki sebuah posisi penting pada Badan Akuntabilitas Publik (BAP) sebagai Wakil Ketua. BAP sendiri mempunyai tugas yaitu :
1. Melakukan penelaahan dan menindaklanjuti temuan BPK yang berindikasi kerugian negara secara melawan hukum.
2. Menampung dan menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait dugaan korupsi dan Maladministrasi dalam pelayanan publik.
BAP ini menjalankan tugas fungsinya bersinergi bersama mitra Lembaga Negara lainnya seperti BPK , KPK , OMBURSMAN.

Menurut beliau walaupun DPD RI tidak memiliki kewenangan eksekusi dan Budgeting namun sebagai salah satu Lembaga Negara yang memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan masukan dan koreksi kepada pemerintah pusat maupun daerah , bagaimana peran DPD ini menjadi sangat di butuhkan khususnya dalam menyerap aspirasi masyarakat dan menyampaikannya langsung kepada pemerintah.

Fungsi kontrol dan check balancing berperan penting sehingga sasaran kerja dari pemerintah dapat tepat sasaran kepada kebutuhan dan manfaat yang dapat dirasakan oleh warga masyarakat khususnya masyarakat Bangka Belitung tandasnya tepatnya pada pendidikan , kesehatan perekonomian kerakyatan.

BACA JUGA :  Hadiri Safari Ramadan di Beltim, Pj Gubernur Safrizal Sampaikan Beberapa Hal Penting

Pada pertemuan NGOPI bersama Ust. Zuhri diskusi berjalan santai , banyak momentum tanya jawab dari peserta kegiatan yang hadir, sehingga banyak hal yang disampaikan sesuai dengan kondisi terkini dan harapan masyarakat yang selama ini belum atau kurang tersentuh oleh pemerintah. Semakin menarik perhatian audience yang hadir karena di pertemuan tersebut di meriahkan oleh Munir dan Fadil yang dikenal sebagai komedian lokal sehingga acarapun berjalan dengan penuh keceriaan dan canda tawa.

Munir yang dikenal blak-blakan dalam berbicara tak tanggung-tanggung seorang Ust. Zuhri pun tak luput dari serangan-serangan yang semakin menambah suasana menjadi ramai. Munir meminta kepada Ust. Zuhri merestui ia menjadi menantu, sontak semua audience bertambah gelak tawa mengingat dari sekian banyak yang hadir di tengah-tengah acara tersebut ada sosok istri dan anak perempuan Ust. Zuhri.

Saran , masukan dan aspirasi yang disampaikan oleh anak-anak milenial, pegiat media dan media social ini lebih menyorot kepada bagaimana wakil rakyat dapat cepat merespon apa yang menjadi kebutuhan masyarakat khususnya kaum anak muda yang saat ini sangat membutuhkan ruang untuk mengekspresikan keahlian atau skill sehingga dapat mengembangkan kemampuannya dan berdampak positif bagi masyarakat itu sendiri, progress pemekaran wilayah baru Bangka Utara , harga komoditi lada karet dan sawit , eksploitasi lahan tambang yang tidak terkontrol , kesetaraan fasilitias bagi kaum disabilitas. Menarik menurut salah satu peserta kegiatan ini menyampaikan bahwa kaum disabilitas seolah-olah tidak begitu diperhatikan dan di abaikan seperti contoh pelatihan-pelatihan pengembangan SDM padahal hak mereka sama seperti pada umumnya, oleh karena itu ini juga menjadi salah satu yang harus di perjuangkan oleh DPD RI kedepan harapnya.

BACA JUGA :  Kasus Dugaan Mafia Tanah, Kejati Babel akan Periksa Mantan Gubernur Erzaldi

Di akhir pertemuan tersebut Ust. Zuhri menyampaikan bahwa dalam hal kebijakan ada porsi yang eksekusinya di pusat dan daerah, tidak semua harus ke pusat. Kebijakan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah akan disampaikan melalui pertemuan dengan kepala daerah sementara untuk di pusat akan di bahas dalam rapat bersama Komite III DPD RI sebagai usulan terhadap masukan aspirasi yang terserap dari masyarakat.

Kami akan menyampaikan dan memperjuangkan ini ke pusat karena tugas utama DPD adalah menyampaikan seluruh aspirasi dari masyarakat. Idealnya semua keinginan dan aspirasi kami tampung dan sampaikan , oleh karena itu kehadiran Ust. Zuhri untuk langsung turun ke masyarakat adalah ingin mengetahui dan menjaring seluruh aspirasi masyarakat yang selama ini mungkin belum tersampaikan. (rel)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.