Polres Bangka Amankan Satu Pelaku Karhutla

Hukum

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Polres Bangka bersama jajaran polsek Belinyu, berhasil mengamankan, satu orang pelaku Dedy Irawan alias Dedy Bin Zulfahmi, warga Blinyu yang patut diduga melakukan pembakaran hutan dan lahan. Disamping itu juga diamankan barang bukti, yaitu  satu buah korek api gas warna biru,  satu unit  sepeda motor yamaha dan satu baju serta satu celana pendek.

Hal itu diungkapkan Kapolres Bangka AKBP Aris Sulustyono, Selasa (24/09/2019) dalam jumpa pers di Mapolsek Bangka.

Dijelaskan oleh orang nomor satu di Bangka ini, dimana yang bersangkutan sengaja melakukan  pembakaran hutan didusun Air Anget stasiun 6 desa gunung pelawan kecamatan Blinyu. Kemudian berikutnya melakukan pembakaran lahan didusun parit 14 dan disekitar gunung pelawan dan tiga titik yang terbakar tersebut diwilayah kecamatan Blinyu. Sedang

BACA JUGA :  Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Putra Alex Noerdin Diciduk KPK

Modus  pembakaran dengan menggunakan satu korek api gas yang disulutkan kerumput rumput kering. Selanjutnya membakar lahan sekitar hutan,  dan ada 10 hektar lahan yang terbakar serta  5 hektar plus lahan lain.

“Akibat dari perbuatan tersebut, yang bersangkutan terancam kurungan tahanan selama 15 tahun dan proses penyidikan terus dilakukan, kemudian akan dilimpahkan kekejaksaan, ” Jelas Kapolres Bangka.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Bupati Bangka, Mulkan SH.MH .yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, pemerintah merespon serius  terhadap penanganan pembakaran  hutan dan lahan. Sebab pembakaran hutan dan lahan yang liar dulakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,   membuat tidak nyaman atau tidak aman bagi kita semua. Untuk itu  kami sudah membentuk satgas bersama terdiri porkomenda,  kajari danramil. Kemudian

BACA JUGA :  Hadi Susilo Minta Kajati Berikan Kepastian Hukum Soal Kasus Dugaan Fee 20 Persen Proyek Rutin PUPR Babel

kami sudah mendirikan pos dan pos pertama di Mapolres Bangkav, pos ke dua di Riau silip serta pos ke Tiga Mendo barat. “Akan kita optimalkan, dan akan ditempati personil dari anggota damkar, satpol pp dan porkomenda, untuk antisipasi adanya pembakaran hutan dan lahan didaerah ini,” Ujarnya.

Ditambahkan Mulkan, terkait masalah anggaran operasional dipos-pos untuk dana operasional dianggarkan dari dana darurat kita. Karena kebakaran hutan dan lahan, termasuk bencana nasional,”Pemerintah Kabupaten Bangka, mengucapkan terima kasih kepada kapolda Babel dan jajaran Polres Bangka yang telah membantu memadamkan api dan menindak pelaku karhutla,”tandasnya.

Hadir dalam jumpa pers, Wabup Bangka, Kajari, Danramil. (heru sudrajat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.