11 Pelajar Bangka Belitung kembali dikirim oleh PT Timah ke Akipba

oleh

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang — PT Timah Tbk melalui CSR kembali berkontribusi di bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa bagi 11 pelajar Bangka Belitung untuk mengikuti pendidikan di Akademi Komunitas Industri Pertambangan (Akipba) Bukit Asam. Para penerima beasiswa Akipba ini akan mengenyam pendidikan selama satu tahun di kampus yang didirikan oleh Holding Pertambangan Indonesia.

Para Penerima Beasiswa yang berasal dari beberapa sekolah di Bangka Belitung,  dilepas langsung oleh Direktur SDM dan Umum PT Timah Tbk, Muhammad Rizki melepas para penerima  beasiswa pendidikan ini melalui teleconference di Ruang Sidang Utama PT Timah Tbk, Jumat (6/9/2019).

Program beasiswa jenjang D1 ini merupakan tahun kedua, sebelumnya PT Timah juga telah mengirimkan 15 siswa untuk mengenyam pendidikan yang bergabung dengan penerima beasiswa lainnya dari tiga perusahaan holding pertambangan lainnya. Pusat Pendidikan dilaksanakan di PT Bukit Asam.

Direktur SDM PT Timah Tbk, Muhammad Rizki meminta para mahasiswa yang akan belajar di Akipba ini dapat memanfaatkan  kesempatan ini untuk menimba ilmu harus memiliki wawasan dan kompetensi global. Perusahaan pertambangan, kata Rizki sangat beragam dengan berbagai bidang , sehingga dibutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi global.  Riziki juga menginginkan para alumni Akipba ini dapat terserap di Industri kerja global.

“Harus berpikir dunia ini luas, ilmunya boleh saja diambil di Tanjung Enim, tapi jangan pernah ilmu yang didapatkan akan diimplementasikan disitu saja, tapi harus berpikir bisa di terapkan di Aceh, atau bahkan luar negeri karena sekarang PT Timah sedang  mengembangkan pertambangan di Nigeria dan Laos,” kata Rizki.

Ia mewanti-wanti para penerima beasiswa untuk tetap menjaga kekompakkan, bekerjasama dan saling membantu. Tak kalah penting dari itu, para penerima beasiswa harus menjaga attitude sebagai orang Bangka Belitung.

“Belajar semaksimal mungkin, pupuk kebersamaan dan jaga attitude.  Saling membantu dan harus siap dengan apa yang dihadapi.  Minta doa dan restu orang tua, dan jangan lupa doakan PT Timah juga. Do your best,” pesannya.

Salah satu penerima beasiswa, Ahmad Darmawan mengatakan dirinya sangat bangga bisa mendapatkan beasiswa ini, bahkan dirinya rela melepaskan pendidikan di Polman yang telah dijalaninya. Pelajar dari SMKN 1 Muntok ini meyakini program ini sangat bermanfaat dan berbeda dari yang lainnya, nantinya mereka akan lebih banyak mendapatkan praktik dan kurikulum yang diberikan sesuai dengan kebutuhan industri.

“Saya bersyukur setelah melewati banyak tes, akhirnya bisa terpilih. Saya yakin dengan beasiswa ini materi dna ilmu yang saya dapatkan akan semakin banyak, apalagi nantinya akan lebih banyak praktek, Terimakasih PT Timah kesempatan ini,” sebutnya.

Akipba merupakan institusi pendidikan yang dibentuk Holding Pertambangan Indonesia, sebagai bentuk kontribusi dalam pendidikan, sekaligus untuk mendapatkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dibidang pertambangan yang sesuai dengan kebutuhan industri pertambangan. Ada tiga jurusan yang dibuka dalam institusi pendidikan ini, yakni pengoperasian alat tambang, pengolahan hasil tambang dan perawatan alat  tambang.(rel/ad)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.