Peduli Polman Bantu Mesin Pencacah dan Pengering Ke Petani Teh Desa Kimak

Lokal

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Kelompok Tani Sutra Ungu Desa Kimak Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, dapat bantuan dari Polman Bangka Belitung, berupa mesin pengering dan pencacah daun teh. Hal itu diungkapkan Ketua Pengabdian Dosen Polman Babel, Idiar MT, didampingi Erwansyah MT, Kamis (05/09/2019) diruang kerjanya.

Menurut Erwansyah mesin ciptaan Polman, yaitu pengering dan pencacah daun teh, diharapkan mampu meningkatkan kapasitas produksi teh. Sebab

selama ini  proses pembuatan teh Pelawan di Kelompok Tani Sutra Ungu, kapasitas produksi masih terbatas,

“Kegiatan ini merupakan bagian dari Progam Kemitraan Masyarakat (PKM), yang dilaksanakan oleh para dosen Polman,”tuturnya.

Ditambahkan Erwansyah, kegiatan PKM sudah dilaksanakan di beberapa tempat di Kabupaten Bangka. Sedangkan untuk kegiatan PKM di desa Kimak, membantu kelompok tani Sutra Ungu, meningkatkan kapasitas produksi teh Pelawan. Dengan cara menerapkan penggunaan mesin pengering daun Pelawan kapasitas 10 Kg/jam. Dan juga mesin pencacah daun Pelawan kapasitas 5 Kg/jam, sehingga dapat mengatasi permasalahan produksi pada mitra PKM.

BACA JUGA :  Pesan Nelayan Air Kantung pada Presiden Jokowi

” Kita, Tim pengabdian Ploman, kjuga melakukan pelatihan pengoperasian dan perawatan mesin kepada anggota kelompok tani, agar proses produksi yang dilakukan dengan kedua mesin tersebut dapat berjalan maksimal. ”jelasnya.

Masih menurut Erwansyah, kegiatan lain yang akan dilakukan juga dalam program PKM yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemristek dikti tahun 2019, adalah pelatihan manajemen usaha.

Tahap akhir dalam program ini berupa pendampingan yang dilakukan oleh tim pengabdian terhadap  mitra PKM. ”pungkasnya. (heru sudrajat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.