Lurah se Kota Pangkalpinang Diminta Berpartisipasi Atasi Permasalahan PDM/ODGJ

Lokal

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang – Tim Relawan Penyandang Disabilitas Mental (PDM) Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) lakukan kunjungan pendekatan terhadap keluarga PDM.

Hal ini dilakukan lantaran sudah dua hari, PDM tidak hadir dalam Program RBM (Rehabilitasi Berbasis Masyarakat), Selasa(3/8)

Saat mengunjungi PDM yang beralamat di kelurahan Pintu Air Kecamatan Rangkui tim assisemen berhasil menemukan pasien yang ternyata tidak minum obat secara teratur.

Rian Sumaysari salah satu ketua tim bersama Danu Miharaja TKSK Gerunggang bersama rombongan menyebutkan jika pihaknya selaku kader mengingatkan kepada pihak kelurahan akan pentingnya obat bagi PDM. Dia pun meminta semua instansi bisa membantunya dalam hal apapun.

“Kami berharap tidak ada lagi PDM/ODGJ di anggap rendah dalam masyarakat, tujuan dari RBM membantu PDM/ODGJ bisa mandiri dan berdikari,” ungkapnya

BACA JUGA :  Bangka Belitung Ikuti Vaksinasi Massal Pelajar Bersama Presiden Jokowi

Ia juga mengatakan kegitan ini rutin dilakukan agar penderita PDM/ODGJ agar bisa mengikuti program rehab yang sudah disediakan, agar mereka bisa mendapatkan bimbingan sehingga bisa kembali normal dan berkumpul bersama masyarakat.

“Alhamdulillah, hari ini kami didampingi Lurah Pintu Air bersama tim mendatangi salah satu warga yang baru saja pulang dari Panti Rehab dan ternyata pesien sudah tidak lagi minum obat dan sudah mulai bertingkah laku aneh,” tuturnya.

Oleh karenanya, dirinya sangat mengaharapkan adanya kertelibatan Lurah se kota Pangkalpinang untuk berperan serta mengatasi permasalahan ini.

“Keterlibatan pak Lurah dalam hal ini sangat penting, semoga lurah sekota Pangkalpinang juga bisa ikut berpartisipasi dalam mengatasi permasalahan PDM / ODG ini, demikian juga keterlibatan keluarga sangat penting, jangan sampai para PDM dibedakan dalam keluarga,” pungkasnya. (Yuko)

BACA JUGA :  Proses Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkup Pemprov Babel, Huzarni Rani Sebut Banyak Kejanggalan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.