Jaga Mutu Pelayanan, Puskesmas Kenanga di – Reakreditasi

oleh

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Meskipun telah berpredikat ‘utama’ dalam hal mutu pelayanan kesehatan, Puskesmas Kenanga saat iniĀ  (28/8/2019) sedang menjalani proses reakreditasi atau penilaian kembali. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap 3 tahun guna menilai konsistensi dan peningkatan mutu pelayanan ke arah yang lebih baik.

Sebanyak 3 tim penilai yang dikepalai oleh Dr. Papilaya Johan, MARS berkunjung langsung ke Puskesmas Kenanga guna meninjau lapangan. Beberapa kriteria penilaian dilakukan diantaranya fasilitas kesehatas, pelayanan kesehatan, hingga penyusunan dokumen dan arsip yang dilakukan di tingkat Puskesmas Kenanga.

“Kita selalu berupaya untuk menjaga mutu pelayanan kesehatan, salah satunya dengan reakreditasi ini guna melihat konsistensi menjaga mutu yang telah diberikan. Dan kami juga akan menilai secara objektiv sesuai dengan keadaan di lapangan,” ujar Papilaya Johan.

Bupati Bangka melalui Staf Ahli bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Surtam mengungkapkan Pemkab Bangka juga telah berkomitmen dan terus berupaya untuk meningkatkan mutu kesehatan yang ada di Kabupaten Bangka.

“Hingga saat ini, seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Bangka telah terakreditasi. 6 diantaranya telah berstatus utama dan sisanya berstatus madia. Selain itu kami juga sedang berupaya untuk meningkatkan status Puskesmas Petaling menjadi ‘paripurna’ (paling tinggi),” ungkap Surtam dalam sambutannya.

Gelar mutu seharusnya bukan hanya sekedar predikat semata, melainkan harus diiringi dengan pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih baik. Karena tujuan utama dari lembaga pelayanan masyarakat yaitu memberi pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Tujuan utama kami bukan hanya mempertahankan predikat ‘utama’ melainkan kami akan terus berupaya untuk mencapai predikat ‘paripurna’ tetapi tentunya dengan diiringi mutu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat,” pungkas Kepala Puskesmas Kenanga, Suwardi.

(Sumber: Dinkominfotik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.