Atasi Kekeringan, Pemkot Pangkalpinang akan Bangun Embung dan Kolong Retensi

Lokal
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen)

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang – Dalam menanggulangi dampak kekeringan yang diakibatkan hari tanpa hujan yang terjadi di Indonesia pada umumnya dan khususnya di kota Pangkalpinang. Pemerintah Kota Pangkalpinang akan segera melakukan kajian pada beberapa faktor.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen)  kepada sejumlah wartawan, Selasa (27/8).

“Masalah kekeringan ini, saya akan berkoordinasi dengan semua OPD terkait. Kemarin kami sudah lakukan studi banding ke Kota Malang, untuk melihat langkah apa yang mereka lakukan untuk antisipasi kekeringan yang terjadi,” ungkap Molen.

Lebih jauh Molen menuturkan, Kota Malang dalam mengantisipasi kekeringan yang terjadi adalah dengan cara membuka beberapa titik sumber mata air atau sumur bor di wilayah yang mengalami dampak kekeringn, namun mengingat letak geografis daerah yang berbeda maka akan dilakukan kajian lebih lanjut.

BACA JUGA :  Pasca Pencabutan Izin PT Pulomas, Gubernur Gandeng Primkopal Atasi Pendangkalan Muara Air Kantung

“Kita juga bisa, nantinya akan membuat embung dan kolam retensi, untuk menampung air agar dapat mengaliri wilayah-wilayah yang mengalami kekeringan,” jelasnya.

Saat ini menurut orang nomor satu di Kota Pangkalpinang ini, dalam penanggulangan dampak kekeringan yang sekarang terjadi, Pihaknya sudah berkoordinasi dengan OPD diantaranya Dinas Sosial, Kesra, PDAM, pertanian, perikanan dan lainnya untuk bersinergi memberikan bantuan terhadap wilayah yang mengalami kekeringan.

“Kami segera menanggulangi dan segera mempersiapkan antisipasi untuk jangka panjang kedepan, agar tidak berdampak besar. Kami akan mulai persiapkan walaupun butuh proses yang panjang,” pungkasnya.(Yuko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.