Satpol PP Babel bersama Tim Gabungan Selamatkan Aset Nasional

Lokal
Tim gabungan berhasil menemukan belasan unit mesin TI yang beroperasi di dalam kawasan hutan Gunung Menumbing, Kamis (22/8)

Forumkeadilanbabel.com, Bangka Barat – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pimpin penertiban aktivitas tambang timah ilegal dikawasan bersejarah bukit Menumbing Mentok yang sudah berlangsung selama ini. Kamis,(22/6)

Tim gabungan yang terdiri dari anggota Satpol PP Babel, Satpol PP Kabupaten Bangka Barat dan Polisi hutan Dinas Kehutanan Provinsi Kep. Babel. Tim gabungan pada awalnya  sempat mendapat kesulitan untuk menemukan lokasi tambang timah ilegal yang berada didalam hutan konservasi dengan medan berbukit bukit yang ada hanya jalan tikus (jalan kecil) namun tidak membuat anggota Satpol PP Babel beserta tim lainnya hilang akal untuk menemukan lokasi tambang ilegal tersebut.

Berdasarkan pantauan wartawan yang ikut dalam kegiatan penertiban aktivitas tambang timah ilegal tersebut. Tim gabungan sempat ditunjukkan jalan yang tidak benar oleh oknum aparat setempat. Sehingga tim pun melewati jalan yang curam dan sungai kecil tapi anehnya sungai tersebut airnya sangat bersih tidak seperti adanya lokasi tambang dilokasi tersebut.

BACA JUGA :  Tantang 6 Mahasiswa IAIN SAS Babel, Jika Berhasil, Erzaldi Akan Hadiahkan Laptop dan Imbalan

Meski demikian, anggota Satpol PP Babel yang sudah terbiasa melakukan penertiban aktivitas tambang timah ilegal di beberapa tempat di pulau Bangka tidak kehilangan akal untuk menemukan lokasi tambang liar tersebut, dibawah pimpinan Yamowa’a Harefa memerintahkan anggotanya untuk mencari jejak yang biasa dilewati oleh orang untuk sampai ke lokasi tambang timah ilegal.

“Kita harus temukan jalan menuju lokasi tambang timah ilegal tersebut, walaupun sampai sore kita cari,” perintah Yamowa’a kepada anggotanya.

Alhasil tim dari Satpol PP Babel ini berhasil menemukan jalan masuk ke lokasi tambang timah ilegal yang dimaksud tapi sayangnya kedatangan tim gabungan ini sepertinyasudah tercium oleh pelaku tambang sehingga  tidak ada satu pun, orang terlihat didalam lokasi meski beberapa mesin TI berukuran besar dan mesin robin berhasil ditemukan.

BACA JUGA :  Budaya Melayu Menambah Nilai Kedaerahan Bangka Belitung

“Bongkar dan bakar semua mesin yang ada, sisanya dibawa ke kantor sebagai barang bukti,” tandas Yamoa.

Lebih mengagetkan lagi, ternyata hampir  tiga hektar aset nasional di bukit Menumbing sudah rata dengan tanah dan sudah babak bingkas dihajar pelaku tambang.

“Kami menemukan 8 unit mesin disel dan 3 mesin robin serta selang yang besar seperti aktivitas tambang besar didalam lokasi tersebut,” ungkap Kasat Pol PP Babel.

Dilokasi yang sama kepala Satpol PP Kabupaten Bangka Barat, Sudarta saat dikonfirmasi oleh wartawan mengaku tidak mengatahui adanya aktivitas tambang timah ilegal dalam kawasan bersejarah bukit menumbing tersebut.

“Kita tidak mengetahui, mungkin mereka kerjanya malam hari,” dalihnya kepada awak media ini. (Yuko)

BACA JUGA :  Kasat Pol Air Babar Tegaskan TI Apung Jangan Coba-coba Masuk Perairan Desa Belo Laut dan Sekitarnya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.