Ribuan Ikan Mati di Sungai Seputar Puding Besar. Apa Sebabnya? Limbah Pabrik?Atau memang Diracuni?

Lokal

 

Plt Sekda Bangka, Ahmad Muhsin

 

Forumkeadilanbabel.com, Puding Besar – Ribuan ikan yang hidup di sungai-sungai seputar Kecamatan Puding Besar, mati. Namun belum ada laporan dari pihak kecamatan ke pemkab Bangka. Padahal sudah hampir 5 hari warga sibuk bergunjing tentang ribuan ikan mati.

“Saya baru tahu sekarang ini dan belum ada laporan dari kecamatan,” tegas Sekda Bangka, Akhmad Muksin, saat ditemui usai rapat, Kamis (08/08/2019) di ruang kerjanya.

 

Dijelaskannya, bahwa dirinya sudah dengar, namun belum ada laporan. Ribuan ikan mati, mungkin bisa terjadi, karena  ada indikasi pencemaran limbah dari pabrik pengolahaan yang ada didaerah tersebut. Kemudian juga mungkin bisa dari masyarakat yang mencari ikan dengan diracuni,

BACA JUGA :  Pertama Kalinya, Semua Pemerintah di Bangka Belitung Sukses Meraih Predikat WTP LKPD 2020

“Untuk itu kita akan perintahkan dinas lingkungan hidup bersama tim datang kelokasi untuk mengecek kondisi air sungai,”tutur Akhmad Muksin.

 

Menurutnya pemerintah lewat tim gabungan, dinas lingkungan hidup, camat, dan kades akan segera turun kelapangan. Untuk mengecek membuktikan, apakah penyebab ribuan ikan mati, benar-benar dari limbah pabrik  yang ada di Puding Besar. Atau mungkin ada yang menggunakan racun dalam mencari ikan.” Kita akan segera mungkin mengambil sikap turun kelokasi. Jangan sampai air yang tercemar merembet ke warga masyarakat. Untuk itu dihimbau kepada warga masyarakat, agar jangan memanfaatkan air sungai dulu. Seperti untuk mandi dan keperluan lain.  (heru sudrajat)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.