Bupati Mulkan Kembali Laksanakan “Jum’at Bersih”

Seremonial

 

 

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Pemkab Bangka kembali laksanakan program “Jum’at Bersih”. Kegiatan ini dilaksanakan bukan sebagai ajang kumpul bagi pegawai, tapi merupakan ajang membersihkan lingkungan di daerah Pemkab Bangka sebagai contoh bagi masyarakat untuk turut menjaga dan melestarikan lingkungan sekitarnya.

Demikian disampaikan Bupati Bangka, Mulkan di sela sela kegiatan Jum’at Bersih, Jum’at (2/8) pagi.

“Setiap Jum’at kita bagi tiga tim untuk kegiatan bersih lingkungan. Untuk mimpin kegiatan bersih bersih ini, saya, wakil bupati dan sekretaris daerah,” kata Mulkan.

Dikatakannya juga jika kegiatan ini bukan ajang kumpul bagi pegawai.

“Tapi ajang membersihkan lingkungan yang ada di Kota Sungailiat khususnya dan daerah lain di Bangka umunya. Kita harus mengimplementasikan di lapangan bahwa kita bener bener untuk melakukan pembersihan. Ini bukan hanya sifatnya seremonial. Ini kita mungkin secara kontinyu akan dilakukan. Sebab kebersihan merupakan sebagian dari iman. Jadi kalau Kota kita bersih lingkungan kita bersih, ya terutama kita pasti sehat kan seperti itu,” imbuhnya.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, kebersihan juga menjadi salah satu kewajiban dalam menjamu tamu dari luar daerah ketika datang ke Kabupaten Bangka, selain itu sebagai salah satu wadah untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan.

Terkait ruang terbuka hijau (RTH) dikatan Mulkan merupakan salah satu daerah yang terdeteksi untuk penilaian baik tingkat kebersihan atau pun penilaian adipura dan lainnya.

“Selama ini tingkat partisipasi pegawai cukup tinggi, sebab siapa lagi kalau bukan pegawai yang memulai ini untuk mengajak masyarakat di sekitarnya. Fasilitas yang sudah dibangun harus dijaga dan dipelihara, apalagi ini ada bantuan corporation social responcibility (CSR) dari berbagai perusahaan yang ada di Kabupaten Bangka termasuk anggaran dari Pemkab Bangka,” terangnya.

Kedepannya kata Mulkan, akan dibuat peraturan bupati (Perbup) terkait upaya menjaga kebersihan terutama dalam membuang sampah serta menjaga lingkungan di Kabupaten Bangka

“Sampah ini tanggung jawab kita bersama bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, apalagi dengan bertebaran sampah maka bisa menimbulkan penyakit, oleh sebab itu mari kita jaga kebersihan dan lingkungan bersama-sama,” pungkasnya. (Robi).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.