Ketua Pewarta Babel Ini Persembahkan Hasil Panen Perdana Semangka Milik Kebun HPI, Rikky : Asak Kawah Ge Pacak

oleh

 

 

Ketua HPI Babel menunjukkan hasil panen perdana buah semangka di Kebun HPI Babel.

FORUMKEADILANBABEL.COM, PANGKALPINANG,– Keberhasilan Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Bangka Belitung (Babel) mengelola lahan eks penambangan timah di Islamic Center Parit Enam milik Pemprov Babel untuk perkebunan, perternakan dan perikanan setidaknya menjadi contoh untuk kalangan komunitas pers dan masyarakat khususnya di provinsi ini bahwa jika ada kemauan kita pasti bisa.

“Asak Kawah Gek Pacak” yang berarti asal ada kemauan pasti bisa, istilah ini merupakan ungkapan daerah dari masyarakat Bangka untuk memotivasi seseorang agar mau berusaha dengan cara bekerja keras.

Kata-kata itu seringkali dilontarkan oleh Ketua HPI Babel Rikky Fermana kepada anggotanya, Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) dan Ikatan Media Online (IMO) Indonesia Bangka Belitung (Babel) baik di media sosial maupun disetiap pertemuan dengan anggota Pewarta HPI/IMO Indonesia Babel.

Berkat dukungan dan kerja keras, HPI dan IMO Indonesia Babel berhasil mengelola pemanfaatan lahan tersebut menjadi sumber pendapatan ekonomi produktif.

Sabtu (6/7/2019), Ketua HPI/IMO Indonesia Babel Rikky Fermana didampingi Wakil Ketua Bidang OKK dan Litbang HPI Babel Amir Hamzah, bersama anggota pewarta lainnya memanen buah semangka yang ditanam dilokasi kebun sorghum HPI dilahan Islamic Center Parit Enam.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Safrizal Hadiri Puncak Peringatan Hari Kartini 2024

Dikatakan Rikky, penanaman semangka di lahan eks tambang hanya sebagai uji coba saja untuk melihat perkembangan pertumbuhan tanaman semangka ketika ditanam di lahan bekas galian tambang.

“Karena ini hanya sekedar uji coba saja maka tanaman semangka kami tanaman sedikit kurang lebih hampir seperempat hektar untuk melihat perkembangannya, ternyata tanaman sangat cocok dan bisa tumbuh dengan baik di lahan bekas galian tambang atau lahan berpasir,” terang Rikky saat ditemui di lokasi usai memanen semangkanya, Sabtu (6/7/2019).

Dibeberkan Rikky, jenis semangka yang ditanam ini yakni semangka ‘Inul’ dan hijau besar, pertumbuhannya tanpa dibantu dengan pupuk karena sekedar hanya untuk uji coba.

“Lihatlah sendiri buah semangkanya, ini tanpa pupuk bisa tumbuh dilahan bekas galian tambang jadi apalagi dibantu dengan pupuk barangkali buah lebih besar dan banyak,” kata sambil menunjuk buah panenan yang dimaksud.

BACA JUGA :  Hadiri Rapat Koordinasi, PJ Gubernur Safrizal : Smelter Hasil Sitaan Kejagung Tetap Dapat Dikelola Sesuai Aturan

Amir Hamzah Wakil Ketua Bidang OKK dan Litbang HPI Babel, menambahkan, usai panenan semangka di lokasi ini nanti akan dilanjutkan tanaman jagung.

Koordinator Tim Sorghum Babel, Deddy Hartady selaku Kuasa Perwakilan Pemprov Babel yang ditunjuk menyatakan dirinya bersama HPI/IMO Indonesia Babel telah diberi izin oleh Gubernur Babel untuk memanfaatkan lahan baik yang ada di lokasi Islamic Center Parit Enam maupun yang di luar milik Pemprov Babel khususnya lahan eks tambang atau lahan tidur untuk dilakukan restorasi atau pemanfaatannya guna kepentingan riset di bidang perkebunan, peternakan dan perikanan.

“Saya merasa senang HPI/IMO Indonesia Babel bersama mitranya berhasil melakukan restorasi lahan yang terbukti mereka bisa panen sorghum dan semangka di lahan eks tambang Islamic Center Parit Enam, dan bisa memberi contoh bahwa bukan hanya sekedar kepentingan menambang saja dilakukan oleh masyarakat akan tetapi tanggung jawab atas aktivitas yang sudah dilakukannya harus ada kerja nyata seperti melakukan pemerataan, penimbunan dan pemanfaatan lahan untuk perkebunan, peternakan dan lain-lainya,” kata Deddy dalam keterangannya kepada wartawan via seluler usai kegiatan panen tersebut.

BACA JUGA :  Begini Upaya Bupati Riza dalam Penanganan Banjir di Toboali

Sebelumnya beberapa pekan yang lalu, HPI/IMO Indonesia bersama Koordinator Tim Sorghum Babel berserta unsur Muspida Babel sudah melakukan panen perdana tanaman sorghum di lokasi ini seluas 2 (dua) hektar.

“Inilah sebuah bentuk kerjasama Pemerintah Provinsi Bangka belitung dan HPI Babel yang telah berhasil, sebagai Koordinator Tim Sorghum Babel saya sangat berterima kasih kepada semua pihak terutama Gubernur Babel telah mempercayai dan memberikan kesempatan kepada saya dan kawan-kawan untuk merubah lahan eks tambang menjadi kebun shorgum dan semangka,” pungkas Deddy. (Sumber: HPI Babel).

Editor : Rudy

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.