Tahun Ini, PT Timah akan Reklamasi 45 Hektar Wilayah Basel

Advetorial
Foto : Ant/Eko

Forumkeadilanbabel.com, Toboali – PT Timah unit Toboali Kabupaten Bangka Selatan kembali akan melakukan reklamasi terhadap puluhan hektar lahan bekas tambang di daerah itu guna memperbaiki lingkungan sehingga dapat dimanfaatkan kembali.

Demikian disampaikan Kepala Pengawas Produksi (Wasprod) PT Timah Toboali, Edi melalui Pemeriksa Reklamasi Wilayah Bangka Selatan, Kasmin di Toboali, Kamis (27/6).

“Tahun ini kami menargetkan 45 Hektar lahan bekas tambang akan direklamasikan guna memperbaiki lingkungan yang rusak paska tambang,” ujar Kasmin.

Sampai saat ini, kata Kasmin, PT Timah telah mereklamasi lahan seluas 20 hektar di Wilayah Kabupaten Bangka Selatan.

“Kami sangat optimis sampai akhir tahun target reklamasi lahan bekas tambang seluas 45 hektar tercapai, karena sekarang sudah 20 hektar yang kami reklamasi,” ungkapnya.

Lokasi lahan bekas tambang yang akan direklamasi menurut dia, tidak hanya fokus di Kecamatan Toboali saja, namun juga akan dilaksanakan di delapan kecamatan yang ada di Bangka Selatan.

“Luasnya lahan yang akan direklamasi setiap tahunnya tergantung dengan luas lahan yang dibuka untuk tambang, dengan kata lain semakin sedikit lahan yang dibuka untuk tambang maka akan sedikit juga yang akan di reklamasikan,” tandasnya.

Adapun teknis reklamasi yang akan dilakukan kata dia, adalah dengan cara menurunkan alat berat seperti buldozer dan excavator mini untuk meratakan lahan yang sebelumnya ditambang dan selanjutnya akan ditanam dengan berbagai jenis tanaman.

“Jenis tanaman yang akan ditanam pada lahan reklamasi itu bervariasi seperti sengon, jambu mete, ketapang, serta tanaman buah buahan lainnya,” ucspnya.

Untuk itu, pihaknya meminta dukungan segala pihak sehingga tidak ada kendala dalam pelaksanaan reklamasi tersebut.

“Kami minta dukungan dari masyarakat dan Pemda dalam reklamasi ini agar dapat berjalan dengan lancar dan semoga saja bisa mencapai sampai akhir tahun nanti target kami terealisasi,” pungkasnya. (Ad/ant)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.