Berikut Klarifikasi dan Hak Jawab Pihak AT

Lokal

 

Kepada Yth
Saudara Robi Brewok wartawan Forum Keadilan Babel. Com.

Prihal: Klarifikasi dan Hak Jawab.

Terkait pemberitaan saudara di media forum keadilan babel.com pada tanggal 8 Mei  2019, dengan judul “Diduga dibekingi aparat, pengusaha inisial AT berani nambang dilahan Islamic Center milik Pemprov Babel”.

Bersama ini, Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Bangka Belitung (Babel) mewakili saudara AT yang diinisialkan oleh saudara diberita tersebut, kami menggunakan hak jawab untuk mengklarifikasi terkait berita yang saudara buat cenderung sepihak tanpa ada konfirmasi balik kepada mitra kami maupun kepada kami selaku yang merestorasi lahan Islamic Center tersebut.

 

Perlu kami sampaikan,bahwa saudara AT yang saudara inisialkan berdasarkan keterangan narasumber saudara, AT adalah Mitra HPI Babel yang bekerjasama HPI Babel  melakukan restorasi dan pemanfaatan lahan Islamic Center milik Pemprov Babel untuk digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Bahwa tidak benar dugaan yang disampaikan oleh narasumber saudara bahwa kegiatan kami di bekingi oleh aparat, dan itu sudah merupakan tuduhan sepihak dari narasumber saudara.

BACA JUGA :  Tim Moonitoring Diklat Kejaksaan RI Kunjungi Kejari Bangka Barat

Kemudian, apa yang disampaikan oleh narasumber saudara tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, dimana didalam keterangannya mengaku sebagai warga yang menambang disekitarnya, padahal tidak mungkin narasumber saudara orang yang menambang dilokasi kegiatan.

Sangat jelas narasumber saudara memberi informasi yang tidak benar (HOaX) dan dipertanggungjawabkan, sudah beropini dan berasumsi sendiri bahwa kegiatan disekitar lokasi kami dibekingi aparat.

Seharusnya narasumber saudara berani membuka identitas dirinya dan tidak menutupi jati dirinya kalau memang untuk penegakan hukum dan  melaporkan secara langsung kepada pihak terkait jika apa yang disampaikannya benar, wajar kami anggap narasumber Anda tidak berkompeten dan tidak layak menjadi narasumber yang dapat dipertanggungjawabkan informasinya.

Dan perlu saudara ketahui kegiatan kami atas pemanfaatan atau merestorasi lahan tersebut bersama Assosiasi Penggiat Sorghum Babel bapak Deddy Hartady sudah mendapatkan izin dari pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung, dengan dilakukan penanaman perdana Sorghum bersama Gubernur Babel dan unsur Forkompinda beberapa waktu yang lalu.

BACA JUGA :  Hadiri Rapat Paripurna HUT Kota Pangkalpinang, Molen dan Wawako Serta Forkopimda Diiringi Rebana dan Selawatan

Dan segala aktivitas dilahan Islamic Center sudah berkali-kali kami sampaikan rilis beritanya kepada sahabat-sahabat media lainnya dan media saudara, dan juga termasuk saat ini adanya pekerjaan pendalaman dan pelebaran kolong air untuk sumber air baku untuk penyiraman tanaman sorghum dan peternakan.

Perlu untuk saudara ketahui, lahan Islamic Center Parit Enam hanya 9 hektar yang dikelola oleh kami dan Mitra HPI Babel selebihnya milik lahan pribadi masyarakat.

Dulu sebelum di restorasi/dimanfaatkan lahan Islamic Center rusak poranda dan dipenuhi beberapa lobang camui dan gundukan tanah yang tidak beraturan. HPI Babel memberanikan diri bekerjasama dengan Mitra HPI untuk melakukan restorasi lahan tersebut.

Hasilnya dari 9 hektar, 3 hektar yang bekas lobang camui Timah kami ratakan dan sudah ditanamkan Sorghum, 3 hektar sudah siap ditanam sorghum, 1 hektar sudah kami tanamkan rumput, 1 hektar untuk peternakan sapi, ayam dan budidaya ikan tawar dan 1 hektar untuk kolam/kolong sumber air baku.

BACA JUGA :  Cari Tahu Kelangkaan BBM di Belitung, Erzaldi Turun Langsung Ke Negeri Laskar Pelangi

Untuk menjaga integritas dan kredibilitas untuk menuju dan membangun perusahaan pers profesional,  sebagai seorang wartawan yang profesional dan menjunjung kode etik profesi kiranya jika ada narasumber yang tidak berkompeten dan tidak mau membuka identitas diri untuk berstatement mohon jadi pertimbangan untuk tidak mudah dijadikan narasumber dan dinaikkan jadi tidak terkesan medianya digunakan atau dimanfaatkan oleh narasumber yang tidak bertanggung jawab, dan kedepannya perlu banyak  konfirmasi balik (cover both side) harus dilakukan agar isi beritanya berimbang dan tidak merugikan nama baik siapa saja.

Demikian klarifikasi dan hak jawab kami sampaikan kepada saudara,terima kasih.

Pangkalpinang,9 Mei 2019

Rikky Fermana
Ketua HPI Babel

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.