Kadis Pendidikan Ini Bingung, Saat Ditanya Soal Rekening Liar Sekolah Marak di lingkungan OPD-nya

Lokal

 

Rukiman Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Pemkab Bangka Barat

 

Oleh: Rudy

FORUMKEADILANBABEL.COM, MUNTOK, — Kepala Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda Pemkab Bangka Barat, Rukiman bingung saat ditanya maraknya rekening liar sekolah termasuk pungutan lain di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya.

Dikonfirmasi, Forumkeadilanbabel.com, Jumat, (3/5/2019), Rukiman justru balik tanya kepada wartawan yang dimaksud soal istilah rekening liar.

Berawal dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Bangka Belitung tertanggal 29 Juni 2018, berdasarkan hasil pemeriksaan pada sistem pengendalian intern pada Pemkab TA (2017), BPK menemukan 27 rekening milik sekolah dan Unit Pelaksana Teknis Kegiatan (UPTD) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga tanpa melalui surat keputusan (SK) penetapan bupati. 27 rekening tersebut terdiri atas 22 rekening untuk menampung gaji, 5 rekening pada lima UPTD Dinas Pendidikan Babar untuk penyaluran dana peningkatan fungsi pelayanan kegiatan belajar mengajar (KBM) pendidikan dasar tahun 2017 dengan total saldo per 31 Desember 2017 senilai Rp. 55.772.423.

BACA JUGA :  Tidak Hanya Turun ke Lapangan, Satgas Covid -19 Gencar Sosialisasikan PPKM Melalui Media

Temuan BPK yang lain soal adanya pemotongan pajak penghasilan atas bunga tabungan milik sekolah. Padahal pemkab telah membuat perjanjian kerjasama untuk pengelolaan uang daerah Pemkab Babar di PT BPD Sumsel Capem Muntok dengan Bank Sumsel Babel yang telah dituangkan dalam Nota Kesepakatan dimana telah memuat ketentuan mengenai pemberian Bunga dan jasa Giro atas rekening milik Pemkab Babar.

Temuan ini berakibat potensi penyalahgunaan kas pada rekening operasional yang dibuka tanpa persetujuan dan penetapan bupati Babar. Potensi kerugian yang lain, Pemkab Babar tidak dapat memanfaatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari bunga tabungan senilai Rp. 4.541.291.

Disinggung soal temuan ini, saat dikonfirmasi, Jumat, (3/5/2019), Rukiman terkesan bingung untuk menjawab. Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Pemkab Babar yang baru menjabat menggantikan Ismanto sebelumnya telah dipindahtugaskan, mengaku saat dikonfirmasi dirinya masih berada di Pangkalpinang.

BACA JUGA :  Pelabuhan Tanjung Kalian Akan Didirikan Dapur Umum Karantina

“Saya belum tau maksud rekening liar sekolah dimaksud. Saya msh di Pkl,” tulis Rukiman dalam pesan WA-nya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.