Diskominfo Babel Gelar FGD ” Wartawan Harus Memiliki Sertifikat Kompetensi dan Media Terdaftar di Dewan Pers

Lokal

 

 

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang- Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi kepulauan Bangka Belitung gelar forum diskusi dengan para insan pers di Babel.

Dalam kesempatan tersebut, dijelaskan syarat untuk menjadi mitra pemerintah, wartawan dan media online, cetak, elektronik harus memiliki sertifikat kompetensi wartawan dan terdaftar di dewan pers.

Focus group discussion penyebarluasan informasi dan komunikasi publik di lingkungan Pemprov Babel tahun 2019 ini membahas tentang bagaimana mengatur regulasi kerja sama antara media dengan Pemprov Kep. Babel yang dihadiri oleh wartawan dan pemilik media se Babel, Senin (30/4)

Jasman Rizal dari humas Pemprov Sumatera Barat selaku nara sumber menjelaskan tentang persoalan mengatasi permasalahan banyaknya media online yang tumbuh sehingga membuat media cetak kini mulai mengalami kerugian dan wartawan yang tidak memiliki sertifikat kompetensi wartawan

“Sebelum ada peraturan gubernur (Pergub) media online di Sumbar hampir 800 media online. Tapi semenjak diterapkan, sekarang hanya sekitar 30 media saja,” ungkapnya saat menjadi narasumber FGD yang diselenggarakan di hotel Sahid Bangka, Senin (30/4).

 

Jasman juga menjelaskan ketika dirinya menerapkan Pergub, dirinya sempat didemo oleh wartawan karena telah mengekang kebebasan pers dengan membatasi akses wartawan yang meliput di Pemprov Sumbar.

“Banyaknya wartawan dan media yang tidak jelas akan melakukan pemberitaan yang tidak sesuai dengan fakta dan konfirmasi. Hal ini merupakan kesalahan yang berakibat akan dilaporkan ke pihak berwajib. Namun yang sudah memiliki sertifikat kompetensi wartawan dan medianya terdaftar di dewan pers, kami akomodir karena memiliki legalitas yang jelas,” tegasnya.

Sebenarnya, lanjut Jasman dirinya menerapkan demikian bukan mau membatasi akses wartawan dan media online, tapi hal ini dilakukan untuk mendorong pertumbuhan media online yang baik dan wartawan yang memiliki sertifikat kompetensi wartawan agar mereka memiliki kekuatan tersendiri ketika melakukan peliputan.

“Kami juga melakukan pembinaan terhadap wartawan dengan cara melakukan uji kompetensi wartawan agar memiliki sertifikat ini salah satu bentuk pembinaan kami terhadap profesi wartawan,” tandasnya.

Ditempat yang sama Ketua Komisi Informasi Provinsi Kep. Babel menyampaikan beberapa hal terkait perlunya untuk mengoptimalkan peran PPID (pejabat pengelola Informasi & Dokumentasi) dalam penyebaran informasi publik di lingkungan Pemerintahan Provinsi Bangka Belitung agar memudahkan akses informasi.

“Juga mensosialisasikan mengenai adanya Pergub Nomor 18 Tahun 2019 tentang penyebarluasan informasi & komunikasi publik untuk bisa diterapkan disemua OPD,” sebut Eko. (Yuko).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.