Wabup Bangka Buka Pentas Seni dan Bazar Produk UMKM Kecamatan

oleh

 Peringatan HUT Kota Sungailiat ke-253

Forumkeadilanbabel.com, Sungailat-Wakil Bupati (Wabup) Bangka Syahbudin membuka pentas seni dan bazar produk usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) Kecamatan se-Kabupaten Bangka dalam rangka peringatan HUT Kota Sungailiat yang ke-253 ditandai dengan memetik gitar dambus secara simbolis, jum’at malam (26/4/2019) di Taman Kota Sungailiat.

“ Pada malam hari ini, saya selaku Kepala Daerah berharap hari momentum HUT (hari ulang tahun)  ke -253 tahun Kota Sungailiat ini menjadi wadah untuk lebih meningkatkan kedewasaan kehidupan bermasyarakat dalam kebersamaan. Mari membangun Kabupaten Bangka ini, khususnya Kota Sungailiat dengan rasa cinta dan memiliki. Dukung dan wujudkan semua program-program yang yelah dicanangkan oleh Pemerintah, untuk kesejahteraan perekonomian masyarakat yang tertuang dalam ‘Bangka Setara (Sejahtera dan Mulia-red),” kata Wabup dalam sambutannya.

Dikatakannya lebih lanjut , Kota Sungailiat merupakan Ibukota Kabupaten Bangka tahun 2019 ini berusia genap 253 tahun. Usia yang sudah dikategorikan sangat matang untuk ukuran kota. Merupakan sebuah tantangan bagi Kabupaten Bangka untuk menjadikan kota tercinta ini menjadi sebuah kota yang sangat dibanggakan dan dicintai oleh masyarakat. Terus bergerak dan berbenah menjadi baik sehingga Kota Sungailiat ini menjadi salah satu gerbang kota yang memang layak untuk dimajukan dan dibanggakan. Momentum memeriahkan HUT ke-253 tahun Kota Sungailiat ini merupakan salah satu euforia dan meningkatkan motivasi untuk lebih berkarya dan berinovasi dalam memajukan Kota Bersih, Tertib dan Aman (Berteman-red. Banyak pembaharuan dan perkembangan yang terjadi Kota Sungailiat tahun terakhir ini sampai lima tahun kedepan.

“ Saya bersama Bapak Mulkan selaku Bupati Bangka telah bertekad dan akan berjuang sekuat tenaga untuk mengabdikan diri membangun Kabupaten Bangka termaksuk Kota Sungailiat ini, menjadi daerah atau Kabupaten yang bisa dibanggakan dan sejajar bahkan mampu bersaing dengan daerah dan kota lain di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Indonesia,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka dalam memeriahkan HUT Kota Sungailiat tahun 2019 ini, juga mengadakan beberapa kegiatan seperti bazar produk UMKM Kecamatan, operasi pasar murah sembako, lomba mancing mania Setara, sepeda santai, lomba olahraga tradiosional, pentas seni lomba menyanyi dan atraksi seni, karnaval budaya, ngangung sepintu sedulang serta lomba panahan dan lainnya.

“ Otak-otak makanan pembuka. Kalau suka jangan hanya dilihat. Puji syukur kita masyarakat Bangka.253 tahun dirgahayu Kota Sungailiat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan peringatan HUT Kota Sungailiat yang ke-253 Teddy Sudarsono yang juga sebagai Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bangka dalam laporan yang dibacakannya mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan yang ada berdasarkan Keputusan Bupati Bangka nomor 188.45/802/II/2019 tentang pembentukan panitia pelaksana peringatan HUT Kota Sungailiat yang ke-253.

“ Maksud penyelenggaraan peringatan HUT Kota Sungailiat ke-253 tahun 2019 ini adalah pertama, untuk selalu mengingatkan kita terhadap hari jadi Kota Sungailiat. Kedua, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangka. Ketiga, untuk menumbuhkembangkan kecintaan masayarakat terhadap Kota Sungailiat,” ungkapnya.

Ditambahkannya, sedangkan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah pertama, mempererat tali persaudaraan antar warga Kota Sungailiat khususnya dan seluruh warga masayarakt yang ada di Kabupaten Bangka umunya. Kedua, meningkatkan kerjasama masayarakat,swasta dan Pemkab Bangka. Ketiga, meningkatkan kreativitas masayarakat dan kebersamaan serta jati diri masyarakat yang berbudaya menuju ‘Bangka Setara’.

“ Adapun kegiatan untuk memeriahkan peringatan HUT Kota Sungailiat ke-253 tahun 2019 ini, telah dilaksanakan berbagai macam kegiatan dan perlombaan seperti pertama, lomba olahraga tradisonal berupa tarik tambang, bakiak, engrang, lari karung dan hadang pada tanggal 24-25 April 2019 di halaman Kantor Bupati Bangka. Kedua operasi pasar murah sembako, pada tanggal 26 April 2019 di Tamn Kota Sungailiat. Ketiga, Pembukaan Kejuaraan panahan Bupati Cup pada tanggal 26 April 2019. Pelaksanaan pada tanggal 27-28 April 2019 di halaman Kantor Bupati Bangka. Keempat, bazar produk UMKM Kecamatan, pada tanggal 26 April 2019 sampai dengan tanggal 2 Mei 2019 di Taman Kota Sungailiat. Kelima, operasi pasar murah, pada tanggal 27 April 2019 di lapangan gang cemara Desa Karya Makmur Air Ruay Pemali. Keenam, Sidang Paripurna HUT Kota Sungailiat ke-253, pada tanggal 27 April 2019 bertempat di ruang sidang paripurna DPRD Kabupaten Bangka. Ketujuh, lomba busana batik, pada tanggal 27 April 2019 bertempat di Taman Kota Sungailiat. Kedelapan, lomba menyanyi dan atraksi seni, pada tanggal 28-30 April 2019, bertemapt di Taman Kota Sungailiat. Kesembilan, sepeda santai, pada tanggal 28 April 2019 start-finish di Taman Kota Sungailiat. Kesepuluh, karnaval budaya , pada tanggal 29 April 2019, start simpang Makam Pahlawan Sungailiat finish di Tamn Sari Sungailiat. Kesebelas, lomba mancing mania Setara, pada tanggal 01 mei 2019 di pantai Batu Bedaun Sungailiat. Keduabelas, upacara Hari Pendidikan Nasional, pada tanggal 02 Mei 2019 bertempat di halaman kantor Bupati Bangka. Ketigabelas, Nanggung Sepintu Sedulang, pada tanggal 02 Mei 2019, bertempat di Gedung Sepintu Sedulang. Dan keempatbelas, penutupan pentas seni Sepintu Sedulang, pada tanggal 02 Mei 2019, bertempat di Taman Kota Sungailiat,” tutupnya.

Dikesempatan tersebut, usai membuka kegiatan tersebut. Wabup Bangka meninjau bazar produk UMKM Kecamatan yang digelar pada lokasi yang sama.

Tampak hadir pada kegiatan ini, Forkominda Kabupaten Bangka, Para Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangka serta tamu undangan lainnya.(PB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.