Puluhan Warga Pesisir Sungailiat Demo Tolak TI Rajuk Tower Dari Luar Babel

Lokal
Puluhan warga pesisir Sungailiat menggelar aksi di pantai perairan Air Kantung Sungailiat, Sabtu (26/4).

 

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Puluhan Warga yang mengatasnaman diri mereka sebagai warga Pesisir Sungailiat Kabupaten Bangka melakukan  aksi demo di daerah Air kantung Sungailiat Bangka. Mereka menolak aktivitas tambang timah jenis rajuk tower dari luar yang saat ini marak di wilayah perairan Air Kantung Jelitik Sungailiat, Sabtu ,(27/4).

Dalam pantauan, terlihat puluhan warga nelayan membentangkan spanduk bertuliskan Aspirasi Masyarakat Pesisir Tolak TI Tower dari Luar Bangka Belitung.
Kapolda, Kajati seret oknum PT Timah Tbk yang memberikan izin tumpang tindih penambangan laut.

Ketua Simpul Babel Ujang Supriyanto yang diminta oleh warga pesisir sebagai pendamping mengatakan,   warga yang demo ini terkait persoalan tambang tower.

“Hal ini  wajar-wajar saja, karena aktifitas tambang rajuk tower sangat berdampak langsung bagi nelayan laut ,’ ujarnya .

Dikatakannya, tututan para nelayan adalah agar TI tower terdebut jangan di daerah depan air kantung karena menggangu aktifitas nelayan .

“Para nelayan sudah pernah berkomunikasi dengan pemilik TI tower akan tetapi tidak ada respon. Saat ini jumlah TI tower itu ada delapan unit dan akan ber tambah menjadi enam puluh unit . Hal ini yang menyebab kan warga merasa resah dan menolak keberadaan TI tower,” tandasnya.

Sementara itu terkait permasalahan tersebut, kasat Polair Polres Bangka Akp Elpiandi mengakui jika pihaknya hanya bisa mengamankan warga jika ada warga yang anarkis.

“Terkait  permasalahan adanya Ti tower tersebut sehingga memicu aksi demo. Saya dan anggota dalam hal ini hanya bisa mengamankan warga jika ada yang anarkis,” pungkasnya. (Obi brwk)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.