Dikunjungi Sahabat Noviar Ishak, Direktur RSUD Babar: Biaya Bayi M Dirga Dicounter Dinkes

Lokal

 

Direktur RSUD Sejiran Setason Bangka Barat, dr. Yudi

Oleh : Rudy

Forumkeadilanbabel.com, Muntok, — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Barat menanggung biaya persalinan hingga perawatan M Dirga, bayi asal Muntok yang terlahir cacat dengan indikasi tertentu. Seluruh biaya masuk dalam Jaminan Persalinan (Jampersal) sampai usia 28 hari selanjutnya masuk dalam tanggungan BPJS (PBI) kuota Provinsi Babel.

Direktur RSUD Sejiran Setason Bangka Barat, dr. Yudi didampingi Kabid Pelayanan, dr. Ratnosopi di ruang kerjanya, saat mendapat kunjungan dari tim penggalang dana bayi M Dirga serta Sahabat Noviar Ishak, Jumat, (12/4/2019) siang, mengatakan, biaya persalinan sampai dengan perawatan M Dirga, seluruhnya di counter Dinkes Bangka Barat.

“Untuk jampersal maksimal 28 hari,” ujar dr Ratnosopi menambahkan saat bersama tim dan wartawan meninjau kondisi bayi.

Dijelaskan dr. Yudi, kondisi M Dirga saat ini berangsur-angsur stabil. Hal ini bisa dikatakan ajaib. Sebab, bayi yang terlahir dalam kondisi kelainan seperti ini katanya, biasanya hanya mampu bertahan selama 24 jam.

“24 jam sebenarnya, sudah nggak ada. Tapi ini masih bisa bertahan. Faktor penyebab kelainan seperti ini macam-macam, mulai dari kimia, jamu, genetik juga bisa. Kalau keterangan dari sang ibu, ibu ini minum obat KB sampai bulan keempat. Dak sadar kalau dia hamil,” terang dr. Yudi.

Hingga berita ini diturunkan, M Dirga saat ini sudah dirujuk ke RSUD Provinsi Babel untuk mendapatkan perawatan intensif.

Sementara itu, tim penggalang dana serta Sahabat Noviar Ishak, usai beraudiensi dengan Direktur RSUD Bangka Barat langsung meluncur ke Tanjung Ular Muntok guna menyalurkan bantuan dari sejumlah donatur di Pangkalpinang yang berhasil terkumpul kepada keluarga orangtua M Dirga.

Penyerahan bantuan secara simbolis kepada orang tua bayi M. Dirga, Jum’at (12/4)

 

Kedatangan Sahabat Noviar Ishak langsung disambut ayah bayi M Dirga yakni Supeni beserta istri Nunung dan anak-anaknya serta tetangga. Usai bincang-bincang kemudian dilanjutkan dengan memberikan bantuan berupa sembako dan uang tunai, tim kemudian foto bersama dengan keluarga.

Tim juga berkunjung ke rumah nenek usia rentah di Tanjung Kelian

Tak hanya untuk keluarga M Dirga, kegiatan sosial Sahabat Noviar Ishak berupa bantuan sembako juga diberikan bagi keluarga tak mampu di Muntok. Diantaranya untuk keluarga Sarkowi di Kampung Air Samak serta nenek usia renta yang beralamat di Tanjung Kalian Muntok.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.