Jalan Alternatif Lingkar Dalam Desa Perlang Rusak Parah, Yusuf : Kontraktor Pembangunan Box Culver Akan Lakukan Perbaikan Dengan Dana Sendiri Bukan Dari APBD

Lokal

Forumkeadilanbabel.com, Perlang – Kondisi jalan alternatif lingkar dalam Desa Perlang Lecamatan Lubuk Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) saat ini sangat memprihatinkan.

Dalam pantauan, Rabu (3/4) sebagian besar jalan tersebut rusak parah sehingga kendaraan yang melintas harus ekstra hati hati.

Rusaknya jalan tersebut diduga kuat kualitas pengaspalan kurang baik selain itu kerusakan parah itu juga disebabkan adanya pengalihan kendaraan pengendara dari jalan utama Pangkalpinang menuju Lubuk lantaran adanya pembangunan box culvert di jalan utama.

Bahar (72) warga sekitar saat dimintai tanggapannya terkait kondisi jalan lingkar dalam Desa Perlang menyebutkan jika jalan tersebut rusak karena kwalitasnya memang kurang bagus.

” Aspalnya terlalu tipis, bahkan kerikilnya terlihat lebih banyak daripada aspalnya,” ungkap Bahar selaku warga sekitar, Rabu (3/4).

 

Senada juga dikatakan Yati (50) jika pengaspalan jalan lingkar dalam Desa Perlang menurutnya terkesan dikerjakan asal-asalan.

“Bagaimana jalan ini tidak rusak kalau pekerjaan pengaspalannya terlihat macam asal-asalan. Kan tahun kemarin mereka mengaspal jalan ini. Kemudian di lewati dengan kendaraan mobil-mobil besar, ya pasti rusak la, kan aspalnya tipis” ungkapnya.

Namun bagi Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Bateng, Yusuf kepada forumkeadilanbabel.com mengakui jika proyek pekerjaan peningkatan jalan lingkar Desa Perlang rusak parah bukan karena kwalitasnya kurang bagus dan pengaspalannya tipis namun menurutnya proyek jalan tersebut memang sudah lama dibangun yakni pada tahun 2011.

“Rusak bukan karena kwalitasnya tidak bagus tapi memang jalan itu dibangun pada tahun 2011 ditambah lagi dijadikan jalan alternatif lantaran adanya pengerjaan box culvert di jalan utama sehingga kendaraan bertonase tinggi banyak melintas di jalan tersebut, ” ujar Yusuf saat dikonfirmasi terkait kondisi jalan lingkar Desa Perlang yang rusak parah, Kamis (4/4).

Namun meski demikian lanjut Yusuf, pihak kontraktor dan dinas PU Provinsi bersama kepala Desa setempat sudah ada komitmen untuk memperbaiki jalan yang rusak itu akibat pembangunan box culvert

“Pihak kontraktor bersama dinas PU Provinsi sudah ada komitmen dan dituangkan dalam hitam diatas putih antara kami (Bina Marga , red) setelah selesai pembangunan box culver. Kontraktor akan memperbaiki jalan itu secara permanen dengan menggunakan dana dari pihak kontraktor itu sendiri,” ungkap Yusuf, Kamis (5/4/2019.

Dari penelusuran di LPSE terdapat paket lelang proyek peningkatan jalan lingkar Desa Perlang – Panang Kec. Lubuk pada tahun 2017 dengan pagu dana 2 milyar rupiah oleh CV sepanjang masa bersama. Kemudian di tahun 2018 juga tertera paket lelang pekerjaan peningkatan jalan lingkar Desa Perlang , Kecamatan Lubuk besar dengan pagu dana 1,5 milyar rupiah oleh CV Budi Fatwa. Selain itu, ada juga paket lelang pembangunan jalan simpang Perlang, Padang Mulya, Kecamatan Koba sebesar Rp. 688.300.000 oleh CV Bangka Jasa pada tahun 2018.

Namun menurut Yusuf, paket pekerjaan yang tertera di lpse tersebut bukan paket proyek jalan lingkar Desa Perlang yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Benarkah? (Red).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.