Deteksi Dini Penyakit Degeneratif DI Pulau Terluar Bangka Selatan

Lokal

Forumkeadilanbabel.com, Celagen – Kesehatan merupakan suatu kondisi dalam keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif, baik secara sosial maupun ekonomis. Sehat merupakan hal yang sangat didambakan oleh semua orang, sebab dengan hidup sehat kehidupan akan menjadi lebih baik.

Demikian halnya dengan warga pulau Celage. Meskipun merupakan wilayah pulau terluar di kabupaten Bangka Selatan, keinginan warganya yang ingin hidup sehat tetap tinggi.

Dari pantauan, tak sedikit warga desa Celagen (Kecamatan Kepulauan Pongok) yang mayoritas ibu-Ibu ditambah dengan bapak – bapaknya antusias sekali mendatangi rumah salah satu kader kesehatan desa Celagen.

Bahkan warga dari 5 (lima) dusun dari desa Celagen yakni dusun Baru, dusun Laut, dusun Polewali, dusun Angin Mamiri, dan dusun Pada Idi) datang memeriksakan kesehatan mereka berupa, pengukuran tekanan darah, gula darah, kolestrol dan asam urat.

 

Dengan adanya pemeriksaan secara cuma cuma alias gratis yang diberikan oleh Nurhayati Dosen Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang ini membuat warga senang sebab mereka merasa sangat terbantukan, Selasa (26/03/19).

Rosmimawati salah satu warga desa Celagen usai memeriksakan kesehatanya mengaku senang dapat memeriksakan kesehatannya secara gratis.

“Terus terang kami yang hadir ini sangat senang bisa memeriksakan kesehatan kami dan bisa mengetahui apa yang ada di dalam badan ini sehingga kami bisa menjaga pola hidup bagaimana bisa menjaga badan agar bisa tetap selalu sehat, kegiatan seperti kami ingin terus ada jangan berhenti sampai di sini ” ungkap warga Celagen ini yang biasa dianggil dengan sebutan Nimang.

Kepala Desa Celagen M.Bahtiar juga mengapresiasi adanya kegiatan pengabdian masyarakat yang di laksanakan oleh salah satu Dosen yang berasal dari Poltekkes Kemenkes Pangakalpinang (Nurhayati, M.Kes red) berupa pemeriksaan pengukuran tekanan darah, asam urat dan gula darah.

“Kami dari pihak Pemerintah Desa sangat mengapresiasi kegiatan yang dibawa oleh Ibu Nurhayati, dimana warga kami sangat terbantukan dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat kami bisa memahami dan mengerti tetang kesehatan, kami juga berharap kegiatan ini bisa terus berlangsung,” ungkap M.Bahtiar di kediamannya, Selasa (26/3).

Sementara itu, Nurhayati sendiri mengakui jika kegiatan yang dilaksanakannya merupakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi. Menurutnya kali ini jumlah khalayak sasaran sebanyak 54 orang yang mayoritas usia lanjut sebagai keberlanjutan kegiatan posyandu lansia.

“Untuk mendeteksi penyakit degeneratif yang banyak dialami masyarakat pulau Celagen, dengan deteksi dini mereka bisa melakukan upaya pencegahan atau pengantisipasian sejak dini. Contoh dengan pola hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi utamanya yang tekanan darahnya tinggi bisa dilakukan dengan diet rendah garam,” jelasnya.

Dia berharap hasil akhir dari kegiatan ini masyarakat di pulau Celgen dapat hidup sehat secara mandiri dan berkesinambungan.

“Kita berharap warga desa Celagen meskipun jauh dari pelayanan kesehatan namun tetap bisa hidup sehat secara mandiri dan berkesinambungan ,” tutup Nurhayati yang berprofesi sebagai dosen dengan jabatan Lektor di Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang.
(Baim)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.