Pemkab Bangka Gelar Advokasi dan Sosialisasi  Pengendalian Penyakit TBC

oleh

 

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka menggelar kegiatan advokasi dan sosialisasi pengendalian penyakit TBC/TB (Tuberculosis) dalam rangka peringatan Hari TBC Sedunia (HTBS) yang jatuh pada tanggal 24 Maret di Kabupaten Bangka.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Bangka yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bangka bidang Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bangka Dawami, senin (25/03/2019) di ruang pertemuan Setda Kabupaten Bangka.

“ Atas nama Pemkab Bangka, saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan para peserta yang telah hadir dikesempatan ini. Hal ini membuktikan komitmen untuk mensukseskan program pengendalian penyakit tuberkulosis (TBC) di daerah masing-masing,” ungkapnya

Dikatakannya lebih lanjut, angka penemuan kasus tuberkulosis (CDR/case detection rate) di Kabupaten Bangka ini pada tahun 2018 masih rendah yaitu 519 kasus atau 49%. Berdasarkan estimasi penderita penyakit TBC di Kabupaten Bangka pada tahun 2018 sekitar 1.096 kasus.

“ Masih ada 51% kasus penyakit tuberkulosis yang belum kita temukan dan diobati,” ujarnya

Dijelaskannya terkait penyakit tuberkulosis, sekarang sudah mulai bermunculan kasus TBC yang kebal obat atau (TB-MDR/multidrug resistant) dan sudah ditemukannya kasus TB-DM/diabetes militus) yang memerlukan penanganan secara khusus.

“ Tugas kita semua di tahun 2019 ini, mencari 51% masyarakat kita yang menderita penyakit tuberkulosis yang belum ditemukan. Kita temukan, kita obati, sampai sembuh,” pungkasnya

Dikesempatan tersebut, usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan penandatangan komitmen kerjasama dalam pengendalian penyakit TBC di Kabupaten Bangka tahun 2019. Penandatangan tersebut diawali oleh Bupati Bangka yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bangka bidang Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bangka Dawami dan dilanjutkan peserta yang hadir lainnya.

Tampak hadir pada kegiatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulyono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka yang diwakili Sekretaris Harmendo Koto, para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Bangka, serta tamu undangan lainnya. (PB)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.