Hadiri Ngameru, Riza Herdavid Harapkan Produksi Beras Desa Pangkal Buluh Meningkat

Lokal

 

Forumkeadilanbabel.com, Toboali –Wakil Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid berharap dengan diadakan kegaitan Ngameru (Makan Bersama Nasi Baru) bisa memotivasi petani lebih giat dalam menanam padi ladang atau dikenal padi darat.

Hal tersebut dikatakan Riza Herdavid, pada saat menghadiri makan bersama nasi baru, Sabtu (23/2) Siang, di Masjid Al-Hidayah Desa Pangkal Buluh, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan.

Kegiatan Ngameru, merupakan wujud sukur petani Desa Pangkal Buluh, atas panen padi yang berlimpah, yang merupakan tradisi turun-temurun warga setempat.

“Alhamdulillah dengan total luas lahan yang digarap petani seluas 165 Hektar bisa mengahasilkan padi seberat 442 ton padi, ini patut kita sukuri berkat kerja keras petani serta pendampingan dan arahan dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP)┬áBasel,” ujar Kades Pangkal Buluh Marjan.

Terpisah, Riza Herdavid mengharapkan produksi beras di Desa Pangkal Buluh bisa terus ditingkatkan hingga bisa dijual ke luar daerah.

“Sekarang mungkin hanya untuk komsumsi warga lokal, minimal warga Pangkal Buluh tidak beli beras lagi, kedepannya dengan dibantu Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Basel produksi beras di Desa ini bisa terus meningkat dan bisa dijual keluar daerah,” terang Riza Herdavid.

Ditambahkan Kabid Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Fatoni, untuk meningkatkan produksi padi ladang di Bangka Selatan, pihaknya akan membantu bibit padi varietas unggul.

“2018 lalu kami membantu sar prodi untuk padi ladang seluas 100 H, dan alhamdulillah bisa ditanam hingga mencapai 165 H, pada 2019 nanti untuk meningkatkan produksi padi ladang pihaknya akan memberikan benih padi ladang varietas unggul,” kata Fatoni.

Selain dihadiri ratusan petani Desa Pangkal Buluh, kegiatan Ngemaru juga dihadiri anggota DPRD Bangka Selatan Rusliadi, Camat Payung Zainudin, Kades di Kecamatan Payung dan undangan lainnya. (Yuko)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.