SMPN 3 Air Gegas Galakkan Gerakan “Ayo Menanam”

Lokal

 

Forumkeadilanbabel.com, Bangka Selatan – Hari Hutan Dunia yang di peringati setiap tanggal 21 Maret, yang mana pada kesempatan ini SMPN 3 Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan mengadakan kegiatan penanaman pohon di sekitar lingkungan Sekolah yang berlokasi di Desa Air Bara Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (21/03/2019) Sekira pukul 07.30 WIB.

Muhammad Fajri selaku pembina OSIS SMPN 3 Air Gegas sekaligus koordinator dalam kegiatan mengatakan,”Dalam rangka memperingati Hari Hutan Dunia ini kita menanam pohon di sekitar lingkungan sekolah,yang bertujuan agar seluruh warga sekolah sadar akan pentingnya peran pohon di hutan dalam ekosistem,” ungkapnya.

 

SMPN 3 Air Gegas merupakan salah satu sekolah yang dinobatkan sebagai
sekolah sehat di Kabupaten Bangka Selatan,”Imbuh Muhammad Fajri

BACA JUGA :  Viralkan !! Anggrek Pensil, Tanaman Langka Endemik Babel

Dalam rangka melestarikan keanekaragaman hayati dilingkungan sekolah,
Adapun pohon yang ditanam adalah jenis pohon perindang dan peneduh seperti sukun, Ketapang Kencana dan Pucuk merah,”Papar Muhammad Fajri kepada wartawan.

Tampak sangat antusias
sambutan dari para guru serta siswa siswi dalam kegiatan penanaman pohon ini,terlihat dari semangat mereka mulai dari proses persiapan tanaman sampai proses penanaman dikarenakan kegiatan ini sudah direncanakan beberapa minggu yang lalu,”Ujar Fajri saat mendampingi sisiwa siswi dalam proses penanaman.

Sania selaku ketua Osis menambahkan hutan adalah salah satu komponen penting dalam kehidupan,Hutan adalah penghasil oksigen terbesar dimuka bumi dan penyimpan air bersih melalui akarnya.
“Hutan komponen penting dalam kehidupan, karena penghasil oksigen dan penyimpan air diakarnya,” bebernya

BACA JUGA :  Peringati Hari Jadi ke-264, Molen Ungkap Kedudukan Kota Pangkalpinang Dari Zaman Hindia Belanda

Fauzi,ST selaku Kepala sekolah SMPN 3 Air Gegas Kabupaten Bangka selatan menjelaskan,”Bahwa dalam rangka memperingati Hari hutan Nasional tahun ini diharapkan pasokan oksigen disekitar sekolah bertambah sehingga siswa belajar nyaman dan menyenangkan dilingkungan sekolah yang sehat,” jelasnya.

Selain itu warga sekolah juga bisa menerapkan kegiatan ini dilingkungan rumah mereka untuk menanam pohon dan tanaman lebih banyak lagi serta warga sekolah juga bisa melakukan kegiatan ini dirumahnya masing-masing,” ungkap Fauzi,ST.

Dalam kegiatan ini selain penanaman pohon disekitar lingkungan sekolah siswa juga diajak menanam tanaman bunga ditaman kelas yang baru selesai dibuat dengan bibit tanaman bunga yang sudah disiapkan dari rumah, sebelum kegiatan dilaksanakan para siswa juga membuatan pupuk cair dari bahan pupuk cair yang dibuat dengan memanfaatkan limbah air cucian beras yang ditambahkan gula dan biang bakteri EM4 yang dibeli dari toko pertanian. (Yuko)

BACA JUGA :  Malam Ramah Tamah HUT Kota Pangkalpinang ke 264, Molen : Tahun Ini Sangat Berbeda Dengan Sebelumnya

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.