Subdenpom II/4-2 Bangka Juga Ikut Gerakan Tanam dan Budidaya Tanaman Sorghum

Lokal

 

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang – Upaya pemerintah provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam menyukseskan gerakan tanam dan budidaya tanaman sorghum di Bangka Belitung sehingga menjadikan Bangka Belitung sebagai salah satu  lumbung sorghum nasional dalam mendukung ketahanan pangan nasional terus dilakukan.

Deddy Hartady selaku Koordinator Tim Babel yang merupakan salah satu Widyaswara Badan Diklat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung makin massif melakukan gerakan penanaman dan budi daya tanaman Sorghum.

Selain didukung beberapa institusi yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kegiatan gerakan tanam dan budidaya tanaman sorghum Babel juga didukung oleh Subdenpom II/4-2 Bangka.

Hari ini, Rabu (20/3/2019)  sekira pukul 09.00 Wib,  Subdenpom II/4-2 Bangka juga melaksanakan giat penanaman perdana Sorghum di lahan Subdenpom Bangka, tepatnya  lahan di halaman belakang markas Subdenpom.

Kepada Pewarta HPI Babel, Kapten CPM Supriyono Komadan  Subdenpom II/4-2 Bangka, mengatakan bahwa ada seluas 2,5 hektar dihalaman belakang Subdenpom Bangka yang selama tidak dimanfaatkan, dan ada sekitar 1,5 hektar yang siap ditanam Sorghum.

” Seizin komandan saya, selama lahan itu belum digunakan untuk kepentingan Subdenpom, lahan tidur bisa dimanfaatkan untuk jangka waktu singkat, ya seperti kita tanam Sorghum “, ujar Subdenpom II/4-2 Bangka, di sela sela pelaksanakan kegiatan penanaman sorghum, Rabu (20/3/2019).

Lanjut, disampaikan oleh Supriyono kegiatan tersebut dalam  mendukung program pemerintah nasional khususnya pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung dalam rangka  menyukseskan program “gerakan tanam dan budidaya tanaman sorghum Babel”.

Sementara itu, koordinasi tim Sorghum Babel  Deddy Hartady, menyambut baik adanya kerjasama kegiatan tanam dan budidaya sorghum sehingga sinergitas antara pemerintah dengan stakeholder yang ada di Bangka Belitung bersama-sama mendukung pemerintah dalam menyukseskan program ketahanan pangan nasional.

” InsyaALLAH kita bersama dengan Subdenpom Bangka akan menjadi penanaman sorghum ini menjadi tempat penangkaran  pembibitan benih sorghum, dan tempat dewan riset sorghum Bangka Belitung ” kata Deddy.

Selain itu, kata Deddy setelah melalui uji mutu kwalitas  nantinya benih bibit Sorghum dari Subdenpom II/4-2 Bangka akan diberikan Sertifikasi dan menjadi rekomendasi untuk bagi para petani dan komunitas penggiat sorghum Babel mendapatkan benih bibit yang berkualitas dan bersertifikat.

” Ada 4 varietas jenis benih sorghum yang kita tanam dilahan subdenpom untuk dikita teliti dan untuk dijadikan penangkaran benih bibit Sorghum ” tambahnya.

Dalam pantauan terlihat para prajurit Subdenpom II/4-2 Bangka  sangat bersemangat menanam perdana Sorghum dilahan tidur milik Subdenpom Bangka yang dikomandoi oleh Kapten CPM Supriyono dan didampingi Deddy Koordinator Tim Sorghum Babel. (**)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.