Pemerintah Daerah Diminta Membentuk Kabupaten/Kota Kreatif

Lokal

Forumkeadilanbabel.com, Pangkalpinang-Dalam rangka meningkatkan pembangunan kepariwisataan untuk menjadi kabupaten/ kota kreatif, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi kepulauan Bangka Belitung mengadakan forum komunikasi pemangku kepentingan pariwisata dalam pembangunan kepariwisataan di daerah se Babel, di Bangka City Hotel kota Pangkalpinang, Rabu (20/3).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Babel yang diisi oleh Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia ini memberikan penjelasan seperti apa penggunaan kepariwisataan di daerah se Babel.

Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata, Ekonomi kreatif dan Kelembagaan Kepariwisataan, Darnis Rachmiyati disela kegiatan forum komunikasi mengatakan bahwa dinas Pariwisata terdapat di dalamnya bidang ekonomi kreatif.

“Dinas Pariwisata itu ada bidang ekonomi kreatif melalui program ekonomi kreatif ini kita ingin mengembangkan kepariwisataan di Babel,” ujarnya.

 

Ia juga menjelaskan bahwa hal ini salah satu amanat undang undang yang memberikan kebijakan kepada pemerintah daerah bagi provinsi maupun kabupaten/kota untuk menjadi daerah ekonomi kreatif.

“Saat ini yang sudah memulai kabupaten/kota kreatif adalah kabupaten Belitung. Kita harapkan kedepan seluruh kabupaten/kota se Babel bisa memulai menjadi kabupaten/kota kreatif juga,” pintanya.

Lebih jauh dikatakan Darnis, dengan adanya kabupaten/kota kreatif bisa meningkatkan PDRB dan juga penerapan tenaga kerja makanya kita arahkan untuk menjadikan kabupaten/kota kreatif itu segera dilaksanakan.

“Ada 4 unsur yang bisa berkontribusi untuk menjadikan kabupaten/kota kreatif, empat unsur tersebut adalah ABCG atau Akademisi, Bisnis (pengusaha), Community dan Government (pemerintah),” jelasnya kepada awak media.

Melalui forum ini pihaknya mulai bersosialisasi dengan kabupaten/kota kreatif agar bisa segera melakukan indikasi potensi dan selanjutnya mengisi form yang ada di badan ekonomi kreatif dan akan dinilai oleh bekraf.

“Keterlibatan 4(empat) unsur tadi ABCG sangat penting untuk pengembangan kabupaten/kota kreatif di Babel,” pungkasnya. (Yuko)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.